3 Okt 2017

Kegunaan Refresh Share Attachment di Facebook

Kamu pernah share link tulisan blog kamu di Facebook? Tentu saja pernah 'kan? Nah, terkadang hasil dari share link tersebut tidak sesuai harapan. Ada yang bermasalah gambar tidak muncul. Ada yang bermasalah dengan gambar yang tidak sesuai. Dan masih banyak lainnya.

Ada cara untuk mengatasi hal itu semua. Berikut ini adalah tips dari Iskael tentang cara memanfaatkan fitur Facebook yang bernama Refresh Share Attachment. Di mana fitur ini berada? Klik bagian kanan atas yang berupa ikon 3 titik status Facebook kamu. Lalu di bagian bawah ada tulisan Refresh share attachment.


Fungsi dari fitur ini adalah kamu bisa mengubah hasil share link kamu tanpa melakukan posting status ulang. Jika hasil belum sesuai dengan harapan, kamu bisa memperbaikinya melalui open graph  Facebook di alamat berikut: https://developers.facebook.com/tools/debug/.

Tool tersebut fungsinya untuk mengambil data-data yang akan ditampilkan di Facebook dari artikel yang kamu share. Berikut ini adalah salah satu pengecekan yang saya lakukan untuk posting di blog saya yang lainnya.


Jika hasilnya belum sesuai harapan, kamu bisa mengeklik "Scrape Again". Namun, jika tak kunjung sesuai harapan, bisa dipastikan ada yang salah dengan template blog yang kamu pakai. Normalnya Facebook akan melakukan scrape secara otomatis dari data yang didapatkan di URL yang kamu debug.

Jika hasil sudah sesuai harapan, kamu bisa melakukan "Refresh Share Attachment" lagi di status Facebook kamu dan lihat hasilnya. Keren bukan?

Semoga artikel ini menjadi solusi untuk kamu yang selalu tidak puas dengan thumbnail, title, dan description blog kamu yang muncul saat di-share di Facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar