14 Sep 2017

Spesifikasi iPhone 8 dan iPhone X

Selasa malam yang lalu Apple merilis sebuah smartphone yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, terlebih bagi fanboy. Jika biasanya Apple hanya menginfokan satu jenis iPhone saja, kini ada dua jenis iPhone. iPhone 8 dan iPhone X.


Sebelumnya sih sudah dirumorkan bakal ada iPhone X, bahkan ada yang berspekulasi bahwa iPhone 8 tidak ada, penggantinya adalah iPhone X. Namun, ternyata dugaan itu keliru. Apple mengeluarkan dua macam iPhone sekaligus, iPhone 8 dan iPhone X.

Spesifikasi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

Tak seperti iPhone 7 yang didukung banyak warna, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ini hanya mendukung 3 warna pilihan saja. Warna-warna  tersebut adalah Gold, Silver, Space Gray. Mungkin Apple melihat 3 warna tersebut yang paling banyak diminati dari model iPhone yang dirilis sebelumnya.

Dari sisi kapasitas storage, ada 2 macam yaitu 64 GB dan 256 GB dengan RAM 2 GB. Display-nya sendiri untuk iPhone 8 berukuran 4.7 inci, untuk iPhone 8 Plus 5.5 inci. Kedua model tersebut sudah mendukung 3D touch, yang sebelumnya tidak dimiliki oleh iPhone 7. Chip yang dipakai iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ini sudah menggunakan A11 Bionic chip with 64-bit architecture, Neural Engine, Embedded M11 motion coprocessor; tidak seperti iPhone 7 yang masih menggunakan A10. Jadi bisa kamu bayangkan perfomanya yang gesit saat menjalankan aplikasi di iPhone 8 ini.

Dari segi kamera, masih sama dengan pendahulunya. Kamera belakang masih memakai resolusi 12 MP dan kamera depan beresolusi 7 MP. Touch ID ini masih tetap dipertahankan, tidak seperti di iPhone X yang tak lagi memakai Touch ID. Oh ya, untuk urusan headphone, sama dengan iPhone 7 yang sudah tidak mendukung lubang jack 3.5mm. SIM card-nya menggunakan Nano SIM.

Spesifikasi iPhone X

Spesifikasi iPhone X sendiri sebenarnya tidak jauh beda dari iPhone 8. Hanya saja seperti yang kamu lihat sendiri pada gambar di atas, iPhone X ini layarnya unik. Hampir memenuhi semua bagian depan ponsel. Display layar iPhone X ini dibilang terbesar yang pernah ada di model iPhone, yaitu 5.8 inci (lebih besar dari iPhone 8 Plus). Namun ukuran ponselnya lebih kecil dari iPhone 8 Plus.

iPhone X ini menghilangkan tombol Home yang biasanya khas sekali milik iPhone. Touch ID juga dihilangkan dan diganti dengan Face ID. Layarnya pun lebih bagus dari iPhone 8. iPhone 8 masih menggunakan Retina HD Display, sedangkan iPhone X ini sudah menggunakan Super Retina HD Display. Jadi pasti gambar yang ditampilkan sangat-sangat halus.

Pilihan warna iPhone X ini lebih sedikit lagi, karena hanya ada warna Silver dan Space Gray. Sepertinya sih memang disengaja hanya dua warna. Bayangkan saja warna Gold ini akan aneh jika dikombinasikan dengan bentuk layar iPhone X yang seperti itu.

Oh ya hampir saja lupa. Kedua iPhone tersebut sudah mendukung Wireless Charging loh. Berbeda dengan iPhone 7 yang tidak bisa Wireless Charging. Sebenarnya ini bukan hal yang baru lagi, karena Samsung sudah mendahului dalam teknologi ini di tahun 2016 lalu.

Itulah ulasan singkat yang bisa saya sajikan mengenai iPhone 8 dan iPhone X. Kabarnya kedua iPhone tersebut akan beredar di pasaran Oktober 2017 mendatang. Jadi, sudahkah kamu menabung untuk beli iPhone 8 atau iPhone X? Kalau saya menjawab, pasti jawabnya tidak. Hehe. Hargan kedua iPhone ini terbilang mahal. Kecuali untuk kamu yang penasaran dan punya uang lebih.

4 komentar:

  1. Aku penasaran, tapi belum punya uang lebih jadi belum bisa beli hee :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga penasaran
      belum pernah megang iPhone
      nunggu ada yang ngasih aja atau minjemin, haha :D

      Hapus
  2. apakah iphone x mengikuti langkah camcung dengan desain full screen?

    BalasHapus