27 Sep 2017

Diving Lebih Aman dengan Sarana dan Prasarana Berikut Ini!

Sebagian besar wilayah Indonesia memang terdiri dari perairan, sehingga selain menyusuri keindahan wahana wisata yang ada di darat, maka lebih banyak masyarakat yang senang berwisata ke pantai atau laut. Ada apa di laut? Tentunya Anda jangan hanya melihat dari atas saja, melainkan di bawahnya, ada berbagai macam kehidupan biota laut yang cantik dan patut untuk dijelajahi. Caranya adalah dengan scuba atau diving, menyelami keindahan bawah laut secara aman menggunakan berbagai macam alat penunjang.


Belakangan ini cukup banyak diantara wisatawan asing yang jauh-jauh datang ke Indonesia hanya untuk melihat keindahan bawah lautnya, sebagai warna negara asli tentunya tak boleh kalah, Anda bisa menyelami beberapa kawasan yang dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya dan masih tergolong aman untuk dijelajahi. Seperti diantaranya yang ada di Sulawesi, kemudian Karimun Jawa hingga kawasan di dataran Nusa Tenggara. Hanya saja menyelami keindahan bawah laut tentunya tak semudah yang dibayangkan, perlu latihan selama beberapa kali, karena menyelam tak hanya mengandalkan keahlian dalam berenang saja.

Melainkan juga mengatur pernapasan sehingga bisa lebih lama bertahan di dalam laut. Adapun beberapa sarana wajib yang harus dibawa ketika tengah diving ini, sehingga nantinya membuat penyelaman berlangsung lebih aman, diantaranya adalah:
  1. BCD atau yang dikenal sebagai buoyancy control device, ia adalah jaket yang digunakan oleh para penyelam, jaket ini berbeda dengan jaket pada umumnya karena bisa menghalau tekanan dari dalam laut. Sehingga memudahkan mereka di dalam mengambil udara nantinya, dengan adanya jaket ini maka tubuh akan mendapatkan keseimbangan ketika masuk kedalam air, sehingga bagi yang hobby scuba pastikan untuk memiliki sarana ini sendiri.
  2. Regulator, alat ini digunakan untuk mengambil udara atau memungkinkan untuk bernapas di dalam laut, salah satu kelemahan pemula ketika ingin menyelam memang dari segi pernapasan, tak kuat berada terlalu lama di dalam air, untuk itulah diwajibkan memakai regulator ini, sehingga tubuh juga tercukupi pasokan udaranya. Bisa bernapas secara normal, menjelajahi keindahan bawah laut lebih lama tanpa harus bolak-balik naik ke permukaan.
  3. Depth gauge, ini adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengetahui berapa kedalaman laut, bagi mereka yang masih pemula tak akan tau hanya dengan melihat saja, melainkan harus mengandalkan sebuah alat, mengingat pada kedalaman beberapa ratus meter tak dianjurkan untuk menyelam lebih dalam, karena akan berbahaya bagi tubuh, tekanan dari dalam air terlalu tinggi.
  4. Masker, masker yang dipakai untuk menyelam ada seri khususnya, dimana ia bisa menyaring udara dan juga menghalau air untuk masuk kedalam tubuh. meskipun banyak diantara penyelam yang tak menggunakannya, namun bagi pemula sangat dianjurkan untuk memakai masker ini demi kebaikan Anda sendiri.
  5. Pemberat, tekanan dari dasar air menyebabkan tubuh penyelam sering kali terus bergerak ke atas untuk mengapung, guna menyiasati hal tersebut maka digunakan pemberat yang umumnya ditempatkan di atas punggung. Bobotnya juga disesuaikan dengan jenis kelamin, sehingga tidak menyebabkan penyelam justru repot dalam membawanya.
  6. Tangki, tangki ini berisi dengan udara, sehingga nantinya penyelam bisa lebih leluasa dalam menghirup udara, namun akan bahaya ketika ia sudah mengeluarkan aroma kurang enak seperti bau asam, karena artinya tangki bocor, sehingga harus selalu diperhatikan kondisinya sebelum dipakai.

Selain dengan membelinya cukup banyak tempat yang menyewakan alat diving tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar