19 Jul 2017

Hidup Sehat, Dimulai dari Rumah

Setiap orang yang ada di dunia ini tentu saja ingin hidup sehat. Dan tak sekedar kamu saja yang ingin sehat, namun kamu juga berkeinginan agar seluruh keluarga di rumahmu sehat. Tentu saja hal ini diinginkan karena jika satu sakit, biasanya yang lainnya juga ikut terganggu. Sebut saja misal yang sakit adalah sang ibu, maka anak-anaknya pun juga ikut terganggu aktivitasnya. Anak-anaknya tidak ada yang mengurus. Begitu juga sang ayah akan kelabakan jika harus mengurus anak-anaknya. Maka dari itu, sangat penting memperhatikan kesehatan keluarga.


Ada beberapa hal yang sering kali diabaikan oleh beberapa orang dalam menjaga kesehatan keluarga. Dan ini terkadang sangat vital. Apalagi jika kamu merasa di keluargamu tiap saat ada yang sakit. Mesti dicari tahu apa sih yang menyebabkan yang sakit bisa bergantian. Berikut ini adalah beberapa poin yang sangat mempengaruhi kesehatan keluarga yang mungkin bisa membantumu menyelesaikan masalah anggota keluarga yang sakit bergantian.

Jam Tidur

Terkadang beberapa keluarga meremehkan mengatur jam tidur untuk anggota keluarganya. Padahal jam tidur ini sangat mempengaruhi produktivitas dan kesehatan. Jika jam tidur tidak bagus, misal tidur malam terlalu larut, maka bangun tidur pun terasa kurang dan aktivitas sehari-hari bawaannya malas. Tak hanya itu, kurang tidur juga bisa menjadi penyebab penyakit.

Kebersihan Rumah

Bayangkan saja jika keadaan rumahmu kotor dan bau. Tentu saja semua orang yang ada di rumah akan mudah terserang penyakit. Debu-debu yang menumpuk juga bisa menjadi penyebab flu. Belum lagi bau yang tidak sedap juga akan mengganggu pernapasan. Untuk itu kebersihan rumah juga menjadi salah satu faktor penyebab hidup sehat.

Pola Makan

Apa sih yang menyebabkan orang terkena penyakit diabetes? Penyebab yang paling banyak adalah pola makan. Pola makan ini tentu saja dibentuk di rumah. Keluarga yang sering makan makanan yang mengandung gula secara berlebihan tentu saja lebih rentan terserang diabetes. Jika kamu ingin memutus rantai diabetes ini, maka perbaiki pola makan yang ada di keluargamu mulai dari sendiri dan ajaknya anggota keluarga lainnya.

Cara Menyajikan Makanan

Selain ketiga hal di atas, cara menyajikan makanan juga menjadi penyebab awal mula penyakit. Mulai dari piring, sendok, dan alat makan lainnya harus dijaga dan diperhatikan kebersihannya. Pasalnya memang sesehat apapun makanan yang dikonsumsi, namun penyajiannya tidak ditempatkan pada tempat yang bersih, juga bisa menjadi awal timbulnya penyakit. Untuk itu pastikan kamu mencuci dengan bersih alat-alat penyajian makanan. Gunakan sabun cuci piring terpercaya untuk memastikan bahwa pencucian benar-benar bersih.

Itulah empat poin mengenai hal yang harus dimulai dari rumah jika ingin hidup sehat. Semoga kita semua bisa menerapkannya di rumah masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar