22 Mei 2017

Ketahui Daftar Harga Handphone Sebelum Membeli Handphone Second

Berbagai inovasi di bidang teknologi komunikasi telah hadir untuk memudahkan manusia dalam berkomunikasi. Kini jarak dan waktu sudah bukan menjadi masalah saat akan berkomunikasi dengan orang lain lantaran canggihnya sistem komunikasi modern. Salah satu perangkat yang biasa digunakan dan kini telah banyak dimiliki oleh banyak orang adalah handphone. Namun mengingat handphone dengan teknologi canggih dibanderol dengan harga tinggi, maka memilih handphone second atau bekas bisa menjadi alternatif. Sebelum itu, pertama-tama siapkan terlebih dulu daftar harga hp terbaru maupun bekas sebagai perbandingan.


Semakin tingginya jumlah permintaan akan ponsel pintar membuat sebagian besar orang dengan kocek minim harus mencari akal agar tetap bisa memiliki handphone canggih. Dengan membeli handphone second, maka harga yang akan didapatkan juga bisa lebih miring dibanding dengan handphone baru. Namun membeli handphone bekas bukannya tanpa resiko. Seringkali ditemui handphone rusak beberapa saat setelah handphone dibeli dan kios tidak mau bertanggung jawab atas kerusakan tersebut. Untuk itu perhatikan beberapa tips berikut ini sebelum memutuskan untuk membeli handphone bekas:

1. Miliki daftar harga handphone

Pastikan Anda mengetahui harga handphone di pasaran baik yang baru ataupun yang bekas. Hal ini untuk menghindarkan Anda mendapat harga terlalu mahal dari kios tempat membeli handphone. Selain itu dengan memiliki daftar harga, maka Anda bisa berusaha melakukan negosiasi kepada penjual untuk mendapat harga smartphone murah.

2. Body

Pastikan melakukan cek secara keseluruhan terhadap body handphone, apakah masih bagus atau tidak, body asli atau bukan. Cek juga bagian layar. Jangan sampai Anda mendapatkan layar yang sudah cacat atau tergores di beberapa bagian.

3. Segel

Memastikan handphone memiliki segel sangat penting untuk mengetahui apakah handphone tersebut pernah di service sebelumnya. Anda bisa melihat di bagian belakang dan buka pada casing penutup handphone. Bukalah baterai serta komponen lain. Dari situ Anda bisa melihat apakah ada baud yang hilang dan ciumlah bagian dalam handphone. Jika ada bau terbakar soldier, maka handphone dipastikan pernah di service sebelumnya.

4. Kelengkapan

Mintalah kelengkapan handphone keseluruhan kepada penjualnya seperti box, buku panduan, kabel data usb, charger, baterai dan lainnya. Kelengkapan menjadi faktor penting yang bisa mempengaruhi harga handphone. Hindari handphone tanpa kelengkapan karena beresiko hasil pencurian.

5. Nomor IMEI

Melakukan cek pada nomor IMEI bertujuan untuk mengetahui keaslian handphone yang dibeli. Pastikan nomor IMEI handphone yang akan Anda beli sesuai dengan yang ada di box. Caranya adalah dengan mengetik *#06#* dan klik panggil.

6. Spesifikasi

Selain itu cek spesifikasi pada handphone bekas tersebut. Untuk android, maka teliti pada bagian CPU, besaran RAM, mode koneksi, kualitas kamera dan masih banyak lagi. Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian pengaturan di handphone tersebut.

7. Baterai

Baterai adalah bagian vital yang ada pada handphone, jadi pastikan baterai pada handphone tersebut tidak menggembung. Perhatikan bagian baterai dan hindari membeli handphone dengan baterai yang cacat karena hal ini akan merugikan Anda.

Itulah beberapa tips sebelum membeli handphone bekas. Cek juga kartu garansi pada handphone. Jika kartu garansi tidak ada, maka tawar handphone dengan harga lebih murah lagi berdasar pada daftar harga handphone yang Anda miliki. Jika Anda kurang piawai dalam melakukan segala pengecekan tersebut, maka ajaklah kerabat atau kawan yang dirasa lebih ahli dalam masalah handphone agar Anda terhindar dari penipuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar