2 Mar 2017

Tips Menjaga Keharmonisan Keluarga

Siapa sih yang gak kepingin punya keluarga harmonis? Pasti semua orang kepengen dong ya. Namanya juga berumah tangga pasti ada halangan atau konflik yang bisa membuat hubungan antara anggota keluarga jadi kurang harmonis. Hal itu memang biasa, yang penting bisa disikapi dengan baik sehingga hubungan antara anggota keluarga menjadi baik kembali.

Ada beberapa tips nih yang bisa dicoba untuk menjaga keharmonisan keluarga. Yuk disimak!

1. Meminta Maaf

Namanya juga manusia pasti bisa salah dong. Jangan malu untuk meminta maaf terlebih dahulu jika memang salah. Mungkin terlihat sepele, tapi ternyata kata maaf ini punya efek yang luar biasa. Dan jangan lupa, setelah minta maaf usahakan untuk gak mengulangi kesalahan yang sama. Dengan membiasakan saling meminta maaf ini akan membuat anak-anak menjadi mudah untuk mengintropeksi dirinya sendiri. Sehingga jika kelak dia membuat kesalahan maka sang anak harusnya sudah tahu kalau dirinya salah dan gak menyalahkan orang lain

2. Saling Mengapresiasi

Gak dipungkiri, sebagai manusia adakalanya kita ingin mendapat apresiasi dan dihargai. Jangan sungkan untuk memuji anak-anak maupun pasangan. Karena dengan saling mengapresiasi ini akan menumbuhkan energi positif di dalam keluarga. Anak-anak pun akan menjadi orang-orang yang percaya diri. Jangan sekali-kali mengejek atau menghina hasil karya anak-anak ya. Karena ini bisa membuat anak-anak menjadi malas berkarya.

3. Berbicara dengan Kata-Kata yang Baik

Banyak sekali orang yang lupa, jika seharusnya jika berbicara pada pasangan, anak maupun orang tua harus menggunakan kata-kata yang baik. Banyak orang yang justru berbicara dengan nada ramah dan kata-kata baik justru bukan kepada keluarganya. Sedangkan saat berbicara pada keluarganya berbicara dengan acuh sekali. Tentu saja ini dapat merusak keharmonisan keluarga. Biasakan menggunakan kata-kata yang baik dan intonasi suara yang tidak tinggi. Sehingga sesama keluarga merasa nyaman satu sama lain.

4. Saling Mendengarkan

Betapa banyak orang yang malas mendengarkan pasangannya curhat. Atau orang tua yang gak mau tahu ketika sang anak ingin mencurahkan isi hatinya. Jangan sampai keluarga kita malah mencari tempat curhat yang salah. Terkadang orang yang curhat gak butuh solusi, mereka hanya butuh kita untuk mendengarkan curhatannya hingga hatinya tenang.

5. Hindari Menghakimi

Pasti gak ada orang yang mau dong kalau langsung dituduh begini dan begitu. Jadi sebelum benar-benar tahu letak permasalahan lebih baik gak nyalahin siapa-siapa. Menyalahkan anggota keluarga tanpa tahu sebab pastinya hanya akan membuat hubungan menjadi renggang. Belajarlah untuk menahan lisan agar gak membuat anggota keluarga lainnya merasa dikucilkan.

6 komentar:

  1. sudah banyak kiat-kiat keluarga harmonis, prakteknya susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mas
      yang paling susah adalah praktiknya

      Hapus
  2. suka miris gitu sekarang banyak berita artis atau artis sosmed *eh* yang selingkuh, huhuhuhu kayak gak inget dulu jatuh cinta sama pasangan, kenapa bisa selingkuh :((((

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan karena sudah tidak bikin deg2an kayak awal ketemu dulu mbak

      Hapus
  3. Tiap kali berantem, yg paling susah itu minta maaf duluan :D. Cm kdg kalo udh terlalu lama, biasanya aku ma suami suka tau2 udh ngomong lg aja gt, lupa kmrn2 berantem :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga pake minta maaf dulu?
      kurang seru kalo ga pake pengakuan dosa dulu, hehe

      Hapus

Populer Terbaru Komentar
Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia