23 Nov 2016

Cara Mengatasi Diare Pada Anak

[Sponsored Post]

Anak-anak pada umumnya memang suka sekali memasukan benda asing ke dalam mulut. Sehingga tidak heran jika banyak anak-anak yang terkena diare. Tanda-tanda seseorang terkena penyakit diare adalah buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari dengan tekstur fases yang cair. Penyebab penyakit diare jangka pendek adalah bakteri pada susu yang menyebabkan adanya infeksi pada usus. Selain itu diare juga dapat disebabkan radang usus atau kanke usus jika ternyata diare tersebut tidak kunjung sembuh dalam waktu dekat.



Penyakit diare ini tidak dapat disepelekan. Penanganan yang terlambat pada penderita diare dapat menyebabkan penderita diare mengalami dehidrasi akut. Meski penyakit diare dapat sembuh dengan sendirinya bukan berarti penyakit ini tidak membutuhkan penanganan yang lebih lanjut. Kamu bisa meringankan penyakit diare pada anak dengan beberapa cara berikut.

Cara Mengatasi Diare Pada Anak

Ketahanan tubuh anak-anak dan orang dewasa berbeda. Anak-anak yang terkena diare mungkin akan lebih lama sembuh, tergantung ketahanan tubuh masing-masing anak. Cara mengatasi diare pada anak tidak jauh berbeda dengan penanganan penyakit diare pada orang dewasa.

Mengkonsumsi Cairan

Diare sangat berpotensi menyebabkan si kecil mengalami dehidrasi, sehingga perlu diperhatikan untuk menjaga asupan cairan pada tubuh agar tidak sampai terkena dehidrasi. Jika si kecil mengalami buang air besar lebih dari enam kali dalam sehari maka kamu perlu memberikannya cairan tambahan. Kamu bisa memberikan cairan isotonik maupun cairan berupa oralit yang dapat dibuat sendiri.

Tetap Memberikan ASI

Pada anak di bawah satu tahun, pemberian ASI harus terus berlanjut saat si kecil dengan mengalami diare. Agar si kecil tidak mengalami dehidrasi. Kamu juga harus memperhatikan kebersihan puting atau botol susu agar tidak terkontaminasi oleh bakteri.

Mengkonsumsi Obat Anti Diare

Jika kamu khawatir si kecil akan mengalami dehidrasi, kamu dapat memberikan obat anti diare agar diare yang diderita si kecil dapat segera sembuh. Apalagi pada anak yang mengalami pertumbuhan diare dapat membuat berat badan si kecil turun dengan cepat.

Cara Mencegah Diare Pada Anak-Anak

Membiasakan hidup bersih memang harus dilakukan dari kecil. Hal ini tentu bukan tanpa sebab. Tubuh yang bersih akan membawa kita pada tubuh yang sehat. Kebiasaan hidup bersih ini harus ditanamkan sejak kecil. Kamu bisa memulai dari membiasakan untuk mencuci tangan sebelum makan. Dan jika tubuh kamu terkena sesuatu yang kotor lebih baik segera dibersihkan.

Jangan lupa ya selalu hidup bersih!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia