6 Nov 2016

5 Manfaat Mendongeng Sebelum Tidur Pada Anak

[Sponsored Post]

Pernahkan Bunda membacakan cerita pada anak-anak sebelum tidur? Cerita apa yang biasanya Bunda bacakan? Ada bagusnya jika cerita yang Bunda bacakan pada anak-anak mengandung unsur pelajaran yang dapat diserap dengan mudah oleh anak. Apalagi jika anak-anak masih belum paham dengan perkataan orang dewasa. Ternyata banyak sekali loh manfaat membacakan cerita sebelum tidur. Membacakan cerita sebelum tidur pada anak tidak hanya dapat membuat anak-anak dapat tertidur pulas, ada banyak manfaat yang didapatkan oleh anak-anak ketika mereka mendengarkan cerita sebelum tidur.

5 Manfaat Membacakan Cerita Sebelum Tidur

Anak-anak dapat mulai dibacakan buku sebelum tidur pada usia satu tahun setengah. Dengan mebiasakannya membaca sebelum tidur, Bunda bisa mendapatkan banyak manfaat bagi si kecil. Berikut adalah manfaat membacakan cerita sebelum tidur pada anak.

1. Mengenalkan Buku Sejak Dini

Sangat disayangkan Indonesia memiliki minta baca yang masih cukup rendah. Bunda dapat mengenalkan buku sejak dini pada anak dengan membacakan cerita dongeng anak atau cerita lainnya yang memiliki pesan moral yang membangun.

2. Merangsang Kreatifitas dan Imajinasi Anak

Anak-anak memang sangat suka berimajinasi. Dengan membacakan buku, si kecil dapat berimajinasi sesuai dengan

3. Mengembagkan Kemampuan Berbahasa

Bagi anak yang baru belajar berbicara, membacakannya buku setiap hari dapat membuat si kecil memperbanyak kosa kata. Sehingga si kecil dapat berbicara dengan baik.

4. Mempererat Ikatan Emosi Antara Anak dan Orang Tua

Semakin sering si kecil berinteraksi dengan orang tua maka akan semakin mempererat ikatan emosi antara anak dan orang tua.

5. Mengajarkan Anak untuk Mendengarkan Orang Lain

Menjadi pendengar yang baik terkadang memang sulit. Bunda dapat mengajarkannya menjadi orang yang mendengarkan orang lain dengan rutin membacakan cerita sebelum tidur.

Memperluas Pengetahuan

Semua sepakat bahwa buku adalah jendela ilmu, sehingga jika si kecil sering dibacakan buku, maka si kecil akan memiliki banyak pengetahuan yang dapat berguna baginya kelak.

Tips Menjadi Pendongen yang Baik

Jika Bunda ingin memulai mendongeng pada anak sebaiknya Bunda tidak menggunakan gadget. Pilihlah buku yang menarik dilihat oleh anak-anak. Selain itu perhatikan juga isi dari buku tersebut. Agar Bunda dapat mendongen dengan baik, Bunda dapat membaca buku yang akan didongenkan terlebih dahulu sehingga Bunda dapat mendalami buku tersebut dan menceritakan dengan baik.

Jika ada beberapa tokoh yang ada di buku cerita maka Bunda bisa menggunakan beberapa macam suara agar anak tertarik dengan cerita yang Bunda bacakan. Selain itu menggunakan boneka jari juga dapat membuat anak menjadi semakin tertarik dengan ceritanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia