6 Nov 2016

4 Macam Jenis Penyakit Kulit yang Biasa Diderita Anak

[Sponsored Post]
Penyakit kulit tidak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak pun ternyata rentan terserang penyakit kulit. Hal ini dikarenakan anak-anak masih belum paham menjaga kebersihan tubuh dan kebanyakan anak kecil masih menggunakan popok sekali pakai yang rentan mengiritasi kulit. Tak hanya faktor dari luar, penyakit kulit yang diderita anak-anak bisa juga dikarenakan faktor keturunan. Untuk mengetahui lebih lanjut macam-macam penyakit kulit pada anak berikut adalah beberapa penyakit kulit yang biasa diderita oleh anak-anak.


Eksim

Normalnya penyakit kulit eksim diderita oleh orang dewasa, tapi ternyata anak kecil pun dapat terkena eksim. Penyakit yang bernama medis dematitis atopik ini memiliki ciri kulit merah dan gatal. Eksim termasuk jenis penyakit kulit jangka lama yang terkadang dapat kambuh tiba-tiba. Pada beberapa kasus eksim juga dapat disertai dengan asma. Bunda dapat menanggulangi penyakit eksim pada anak-anak dengan menghindari pengunaan sabun yang dapat mengiritasi kulit. Dan jangan lupa untuk senantiasa melembabkan kulit. Tapi jika ternyata penyakit tersebut tidak kunjung membaik, ada baiknya jika segera dibawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Biang Keringat

Penyebab timbulnya biang keringat pada anak-anak adalah penyumbatan pada pori kulit sehingga keringat tidak dapat keluar. Biang keringat ditandai dengan munculnya bintik-bintik seperti jerawat yang memunuhi bagian leher dan kepala. Untuk mencegah terjadinya biang keringat pada anak-anak Bunda harus memakaikan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Bunda dapat mengoleskan bedak tabur yang dapat mengatasi biang keringat.

Kerak Kepala Bayi

Cradle cap atau kerak kepala bayi biasanya diderita oleh bayi yang baru lahir sampai usia sekitar tiga tahun. Kerak kepala bayi memiliki ciri adanya sisik putih atau kuning yang tebal di permukaan kulit kepala. Gangguan kulit seperti ini pada orang dewasa juga dikenal dengan nama ketombe. Tidak hanya muncul di kepala, kerak kepala bayi ini juga dapat timbul di daerah lain seperti alis, ketiak atau belakang leher.

Ruam Popok

Penyakit ruam popok ini biasanya terkena pada anak-anak yang masih menggunakan popok. Hal ini disebabkan karena kulit terlalu lama terpapar air atau pun adanya residu detergen pada popok yang bersentuhan dengan kulit dalam waktu yang cukup lama. Untuk menanggulanginya Bunda harus lebih sering mengganti popok sang anak dan juga mengoleskan krim popok setiap kali berganti popok. Penyakit kulit ini tergolong pada penyakit kulit lokal sehingga penanggulangannya mudah. Meski begitu sebaiknya tidak diabaikan agar tidak berkembang menjadi infeksi yang serius.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia