16 Okt 2016

Resep Brownies Kukus Sederhana

Sejak menjadi ibu, saya memang mendadak suka masak. Meski sejauh ini frekuensi memasaknya belum intens karena masih sering dimasakin sama mertua, haha. Ketimbang memasak makanan sebagai lauk pauk, kadang saya lebih suka memasak cemilan. Maklum saya suka banget nyemil. Jadi gak heran kalau berat badan susah banget turun ke normal pasca hamil. Salah satu cemilan yang sempat membuat saya tergila-gila ada Brownies Amanda. Tahu dong brownies ini? Udah legend banget, di mana-mana cabangnya ada. Padahal kalau dilihat browniesnya ini bukan brownies panggang tapi kukus. Soal rasa, jangan ditanya, enak banget, meski buat saya kok kemanisan, hehe. Saya suka dengan macam-macam topping yang ditawarkan. Tapi sayangnya harganya semakin hari makin mahal. Kalau buat cemilan di rumah sebentar habis.


Saya pernah memutuskan untuk membuat brownies kukus sendiri. Cara membuat brownies kukus ini gak sulit karena pada dasarnya brownies adalah cake yang bantat. Jadi membuat brownies anti gagal deh. Karena gak perlu ngembang segala, bentuknya bantat. Tapi ya jangan bantat banget dan jangan mengembang juga seperti cake pada umumnya. Salah satu resep brownies yang saya dapatkan dari situs Blue Band ini mungkin bisa kamu coba yah.

Resep Brownies Kukus

Bahan
Mesis 50 gr
telur ayam 10 butir
gula pasir 350 gr
stabilizer (SP/TBM) 1 sdm

tepung terigu serbaguna 225 gr
cokelat bubuk 65 gr
baking powder 1/4 sdt

Blue Band Cake & Cookie 250 gr (lelehkan)
cokelat masak pekat 200 gr (lelehkan)
pasta cokelat 1 sdt

Cara Membuat Brownies Kukus

  1. Ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder, sisihkan.
  2. Kocok telur ayam, gula pasir dan SP/TBM hingga mengembang.
  3. Masukan sedikit demi sedikit tepung, coklat bubuk dan baking powder yang sudah diayak pada kocokan telur. Setelah rata masukan Blue Band Cake & Cookie, coklat masak pekat dan pasta coklat. Aduk hingga rata.
  4. Siapkan loyan ukuran 24 x 24 x 8 cm. Oleskan margarin dan lapisi loyang dengan kertas roti.
  5. Masukan adonan setengah dari adonan dan kukus selama 15 menit. Kemudian taburi mesis diatasnya.
  6. Masukan kembali sisa adonan hingga habis dan kukus kembali selama 30 menit.
  7. Angkat dan dinginkan.
  8. Hias sesuai selera.
Untuk menghiasnya, kamu bisa mengkreasikan sesuai selera. Bisa dengan diparuti keju atau mungkin diberi selai stroberi di atasnya kemudian diberi parutan keju lagi. Atau jika gak suka dengan selai bisa dengan mengoleskan margarin di permukaan dan ditaburi mesis yang berwara agar lebih cantik. Kalau saya sih lebih suka dengan parutan keju. Kalau kamu?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia