28 Sep 2016

Usaha Pertanian yang Menjanjikan di Indonesia

Indonesia sejak dahulu dikenal sebagai salah negara agraris yang memiliki hasil pertanian melimpah. Namun belakangan, Indonesia seringkali kekurangan bahan pangan yang mengharuskannya mengimpor dari luar. Swasembada pangan yang pernah dirasakan Indonesia beberapa tahun yang lalu kini perlahan namun pasti mulai menghilang. Mengingat kebutuhan pangan nasional sangat besar, terutama karena penduduk Indonesia yang sudah mencapai 250 juta maka wajar apabila sektor pangan adalah salah satu peluang usaha pertanian yang menjanjikan.

Namun selain sektor pangan, ada beberapa usaha di bidang sektor pertanian yang juga menjanjikan untuk dikembangkan di Indonesia. Berikut adalah diantaranya.

Pengadaan mesin dan alat pertanian modern

Saat ini, alat pertanian yang modern mulai banyak dibutuhkan oleh petani terutama untuk meringankan biaya mengolah tanah, menanam dan panen. Berbagai mesin modern yang biasanya didatangkan dari negara luar merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar petani dan sekaligus merupakan peluang usaha yang memiliki prospek sangat cerah.

Menanam dan menjual sayuran hidroponik

Untuk bisa menanam berbagai jenis sayuran, terkadang kita tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas. Metode modern saat ini yang banyak diadopsi untuk menanam berbagai jenis sayur-mayur adalah metode hidroponik atau yang kita kenal juga dengan istilah menanam sayuran organik.

Selain untuk dikonsumsi sendiri karena lebih sehat karena kebanyakan sayur dan buah yang ditanam dengan metode hidroponik bebas dari penggunaan pestisida, menanam sayuran juga cukup menjanjikan apabila bisa dijual.

Penjual bibit

Pembibitan memang tidak mudah untuk dilakukan. Namun apabila bisa berjalan, bisnis pembibitan memiliki pangsa pasar yang cukup besar di Indonesia. Baik dalam skala kecil maupun besar, menjual bibit adalah salah satu bisnis di bidang pertanian yang sangat menjanjikan.

Menjual pupuk

Selanjutnya, pupuk merupakan bagian dari pertanian yang sangat dibutuhkan. Membuka peluang usaha penjualan pupuk bisa jadi sangat menguntungkan, terlebih jika anda tinggal di daerah pertanian. Walau demikian, pupuk juga sebenarnya bisa dijual di perkotaan misalnya, pupuk untuk berbagai jenis tanaman hias.

Rempah-rempah

Indonesia sejak dahulu juga dikenal sebagai negara penghasil rempah. Rempah yang dihasilkan di nusantara banyak diekspor ke luar negeri. Jadi bisa dikatakan bahwa rempah-rempah juga merupakan peluang usaha pertanian yang menjanjikan. Diantara beberapa jenis rempah yang paling diminati adalah: cengkeh, jahe, pala, kunyit, kencur, kayu manis, kemiri, jinten hitam, dan merica.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia