1 Sep 2016

Tips Membuka Usaha Laundry dengan Modal Kecil

Laundry merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan karena saat ini banyak orang yang cenderung malas untuk menguji sendiri serta menyetrika sendiri pakaian mereka setelah sibuk bekerja seharian. Faktor ibu rumah tangga yang saat ini banyak membantu suami untuk mencari nafkah juga adalah salah satu alasannya.

Usaha ini boleh dikatakan cukup mudah untuk dijalankan. Namun ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar pelanggan tertarik serta tidak berpindah ke lain hati. Berikut adalah beberapa tips usaha membuka laundry terutama dengan modal yang kecil.

Pilihlah tempat yang tepat

Beberapa tempat yang strategis untuk membuka usaha laundry diantaranya adalah: di pintu keluar atau pintu masuk komplek perumahan. Di jalan yang sering dilalui oleh orang yang berangkat dan pulang kerja. Walau demikian, sebenarnya laundry juga bisa dibuka di dalam kompleks perumahan atau di rumah sendiri. Akan tetapi, memilih tempat yang strategis akan membuat peluang usaha ini meningkat.

Pelajari cara mencuci pakaian yang baik dan benar

Setiap pakaian akan dicuci dengan cara yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pengetahuan mengenai cara mencuci pakaian yang baik dan benar mutlak dibutuhkan. Selain itu, mengetahui cara menangani berbagai noda juga perlu dipelajari. Karena deterjen laundry jenisnya bermacam-macam dan berguna untuk menangani noda yang berbeda. Dengan begitu, pakaian pelanggan tidak akan mudah kusam atau pudar warnanya.

Gunakan peralatan sederhana terlebih dahulu

Usaha laundry dengan modal kecil bisa menggunakan peralatan seadanya. Misalnya, kita bisa menggunakan mesin cuci pribadi di rumah dan peralatan setrika yang kita miliki. Sambil berjalan menabunglah sedikit-sedikit untuk membeli peralatan yang lebih besar dan lebih canggih untuk memudahkan dan mempercepat proses mencuci dan menyetrika.

Hire karyawan yang serba bisa

Untuk usaha laundry pemula, ada baiknya mempekerjakan karyawan yang serba bisa dan yang paling banyak memiliki waktu luang, contohnya adalah karyawan yang masih single Dengan begitu, kita bisa menghemat pengeluaran untuk karyawan. Jika usaha lancar kita bisa menambah jumlah karyawan sesuai dengan bidang masing-masing. Misalnya, khusus untuk setrika, khusus untuk mencuci, dan ada yang khusus untuk administrasi.

Tips mempertahankan pelanggan laundry

Karena banyak pesaing, kita harus pandai-pandai dalam mempertahankan pelanggan yang kita miliki dengan cara:
  1. Pastikan pakaian siap sedia tepat waktu.
  2. Pastikan pakaian bersih dan wangi serta di terikat dengan rapi.
  3. Hindari agar pakaian tidak luntur dan menodai pakaian yang lain agar pelanggan tidak kecewa.
  4. Bukalah lebih awal dan tutuplah lebih akhir.
  5. Sesuaikan dengan harga kompetitor
  6. Layani pelanggan dengan baik dan ramah serta cepat.

Dengan beberapa strategi di atas, bagi kamu yang ingin membuka usaha laundry dengan modal kecil-kecilan bukan lagi masalah. Namun perlu diingat juga bahwa, untuk membuka usaha ini, setidaknya siapkan dana atau modal menjalankan usaha minimal 3 bulan kedepan terutama untuk promosi. Usaha laundry kecil-kecilan bisa dimulai dengan modal dibawah 10 juta. Jika harus menyewa tempat, sebisa mungkin sewalah secara bulanan terlebih dahulu. Atau jika harus di sewa pertahun, usahakan untuk meminta keringanan dengan menyicil. Cara ini efektif untuk mengatasi pengeluaran modal yang terlalu besar di awal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia