27 Sep 2016

Ragam Jenis Rak Buku Unik yang Dapat Diaplikasikan di Rumah dan Kantor

Untuk mengetahui berbagai macam hal, buku menjadi sumber informasi selain internet yang sering digunakan oleh masyarakat. Namun, jika memiliki buku yang terlalu banyak, terkadang membuat Anda bingung untuk meletakkannya dimana terlebih Anda tidak memiliki tempat yang cukup besar untuk meletakkan lemari buku untuk menyimpan buku. Terdapat beberapa rak buku unik yang beberapa diantaranya menggunakan bahan bekas yang dapat Anda temukan di sekitar Anda.


Pertama adalah menggunakan kotak dan tali. Caranya yaitu:
  1. Siapkan tali dengan panjang yang bervariasi atau sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda hanya ingin menggunakan 1 paku sebagai tumpuan utama, maka panjang tali harus ada yang panjang dan pendek. 
  2. Pilih kotak yang ukurannya muat untuk menyimpan buku Anda. 
  3. Pasang paku dan pastikan terpasang dengan kuat karena digunakan sebagai tumpuan. 
  4. Pasang tali pada kotak tersebut dan pastikan kuat. 
  5. Setelah terpasang, susun tali+kotak tersebut dan kaitkan dengan paku yang telah Anda pasang sebelumnya. Agar paku tidak membuat tampilan menjadi jelek, Anda dapat menambahkan figura atau aksesoris. 

Kedua adalah dengan menggunakan skateboard. Bagi Anda yang suka dengan skateboard dan terkadang sudah tidak dapat diperbaiki lagi, Anda dapat menggunakan papan tersebut untuk membuat rak buku unik. Anda dapat menggabungkan papan skate tersebut dengan menggunakan tiang besi atau dipasang terpisah dengan membentuk pola yang unik. Rekatkan papan tersebut di dinding dan jika Anda memasangnya atas dan bawah, pastikan jika selisih atau jarak dari papan tersebut muat untuk menyimpan buku. Jika Anda tidak memiliki papan skate, Anda dapat menggunakan papan biasa yang dapat Anda temukan di sekitar Anda.

Ketiga adalah memanfaatkan ruang di bawah tangga. Terkadang, jika Anda memiliki rumah bertingkat, bingung jika hanya meninggalkan ruang di bawah tangga untuk digunakan menjadi apa. Anda dapat memanfaatkannya dengan menggunakan papan kayu, meteran, gergaji, obeng, sekrup atau paku dan palu. Ukur tempat tersebut terlebih dahulu kemudian potong papan kayu tersebut sehingga dapat dipasang di bawah tangga. Susun dan satukan dengan menggunakan sekrup ataupun kayu.

Keempat adalah dengan memanfaatkan pipa yang sudah tidak terpakai. Gunakan pipa industri ataupun pipa wastafel yang sudah tidak terpakai dan rekatkan di tembok tempat Anda ingin meletakkan buku. Anda dapat mengkreasikan pembuatan rak buku dengan menggunakan pipa industri yang sudah tidak terpakai tersebut. Apakah Anda akan membuatnya seperti halnya rak buku yang biasa digunakan atau dibentuk menjadi bentuk yang lain misalnya menjadi jajar genjang atau bentuk unik yang lainnya.

Rak buku unik yang dapat Anda jadikan untuk inspirasi yaitu:
  1. Rak dengan bentuk pohon. Anda memerlukan kayu yang kuat terutama di bagian bawahnya sehingga dapat menopang buku yang diletakkan di tempat tersebut. Buat pohon tersebut menjadi pohon datar atau yang memiliki bagian datar di tempat yang akan digunakan untuk meletakkan buku misalnya di dahan atau di bagian daun.
  2. Membuat design sendiri dan ditempelkan di tembok misalnya rak yang bertuliskan huruf tertentu seperti READ atau bentuk tertentu seperti lingkaran atau Yin Yang untuk meletakkan buku.
  3. Rak buku yang dijadikan satu dengan sofa atau kursi baca sehingga Anda tidak perlu berjalan atau pergi untuk mengambil buku karena Anda dapat menyimpan dan meletakkan buku tersebut di samping atau bawah kursi Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia