26 Sep 2016

5 Tips Memasang CCTV untuk Keamanan Rumah

Kejahatan yang semakin merajalela akhir-akhir ini membuat banyak orang berusaha untuk meningkatkan sistem keamanan di rumahnya. Biasanya hal ini diterapkan pada pada rumah-rumah besar yang jarang dihuni pemiliknya. Untuk mengamankan aset properti tersebut, biasanya mereka memanfaatkan CCTV atau Closed Circuit Television sebagai antisipasi kejahatan perampokan dan sejenisnya.


Penggunaan CCTV untuk mendukung sistem keamanan ini memang terbukti cukup ampuh untuk memonitor keamanan lingkungan sekitar rumah. Anda dapat membelinya di toko jual CCTV terdekat. Nah, jika Anda masih belum mengerti tata cara pemasangannya, berikut 5 tips memasang CCTV di rumah:

1. Tempatkan CCTV di sudut-sudut tersembunyi

Usahakan untuk memasang CCTV di tempat tersembunyi pada bagian rumah Anda. Hal ini bertujuan agar orang lain tidak merasa terganggu atau merasa kurang nyaman dengan adanya kamera CCTV. Perasaan tidak nyaman akan timbul ketika mereka merasa terus diawasi, terlebih lagi untuk tamu-tamu yang datang ke rumah Anda. Selain itu, menempatkan CCTV di sudut-sudut tersembunyi juga bermanfaat ketika ada orang jahat yang mencoba masuk ke dalam rumah. Mereka tidak akan menemukan CCTV dengan mudah lalu merusaknya.

2. Atur posisi CCTV dengan ketinggian yang tepat

Sesuaikan ketinggian posisi CCTV dengan luas ruangan dan tingkat pencahayaan di sekitarnya. Semakin tinggi posisi CCTV, daya jangkaunya pun semakin luas. Namun Anda juga perlu memperhatikan resolusi kamera CCTV yang Anda beli dari toko jual CCTV. Jangan sampai posisi CCTV terlalu tinggi sehingga gambar atau video yang dihasilkan tidak jelas karena tidak didukung dengan kualitas kamera yang memadai.

3. Pastikan perangkat CCTV aman

Meletakkan CCTV tak bisa sembarangan. Letakkan di posisi yang tepat, kuat dan tidak mudah goyah. Pastikan pula perangkat CCTV di rumah Anda bebas dari terik matahari dan curah hujan termasuk hewan dan serangga yang dapat merusak komponennya. Sebaiknya, pasangkan penutup CCTV yang telah tersedia di toko jual CCTV sebagai pelindung kamera CCTV Anda.

4. Teliti memasang kabel

Sebagaimana posisi CCTV yang sebaiknya diletakkan tersembunyi, kabel pun harus diatur sedemikian rupa agar tidak mudah dilihat. Jika memungkinkan, pilihlah perangkat CCTV yang telah dibekali dengan kemampuan wireless. Hal ini akan menghindarkan Anda dari memasang kabel-kabel fisik yang cukup merepotkan. Namun jika terpaksa memakai kabel, sebaiknya hadirkan stop kontak di dekat CCTV dan atur dengan baik agar tidak terlihat.

5. Setel output video ke frekuensi FR

Cara lain agar CCTV tersamarkan adalah dengan menyetel output video ke frekuensi FR. Jika belum paham bagaimana caranya, Anda bisa menanyakannya pada petugas di toko atau membaca buku panduan yang disediakan.

Setelah melakukan setelan ke frekuensi FR, hubungkan kamera tersebut dengan televisi di rumah sehingga video rekaman bisa ditampilkan di layar televisi seperti acara televisi lainnya. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan pengawasan sembari menonton televisi. Keuntungan lainnya, Anda bisa menghemat anggaran karena tidak perlu menyediakan TV khusus hanya untuk melihat rekaman dari kamera CCTV.

Itulah 5 tips memasang CCTV untuk keamanan rumah. Pastikan Anda telah menanyakan dengan jelas kepada petugas di toko tentang cara-cara memasang CCTV dengan baik dan benar sesuai panduan. Jangan lupa untuk melakukan survey ke beberapa toko terlebih dahulu untuk mendapatkan harga jual CCTV terbaik. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia