18 Jun 2016

Tips Memilih Helm yang Nyaman dan Bagus

Bagi orang Indonesia memiliki sepeda motor seakan menjadi sebuah keharusan. Apalagi melihat mahalnya ongkos transportasi umum ketimbang biaya untuk membeli bensin untuk motor. Tak heran jika jumlah pengguna sepeda motor menjadi begitu banyak. Belum lagi kemudahan untuk mendapatkan motor dengan DP murah membuat orang berbondong-bondong untuk memiliki sepeda motor.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mengendari motor adalah keselamatan pengendara dengan menggunakan helm. Meski beberapa orang menggunakan helm hanya karena takut ditilang, tapi pada dasarnya menggunakan helm adalah untuk keselamatan diri masing-masing.

Tips Memilih Helm yang Nyaman dan Bagus

Memilih helm ternyata tidak bisa asal beli gitu saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli helm agar nyaman digunakan. Berikut adalah tips memilih helm yang nyaman dan bagus.

Sesuaikan Ukuran Helm dengan Ukuran Kepala

Memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala sangatlah penting. Jika kamu membeli helm dengan ukuran terlalu kecil dari kepala kamu maka dapat membuat kamu kesulitan saat menggunakannya. Belum lagi kepala pun akan terasa kurang nyaman jika menggunakan helm yang terlalu kecil karena dapat menimbulkan sakit kepala. Jika helm yang kamu gunakan kebesaran pun juga tidak baik. Helm akan mudah lepas dari kepala dan justru akan berbahaya.

Pilih Helm yang Ringan

Menggunakan helm yang tidak berat dapat membuat kepala terasa lebih nyaman dan menghindari sakit kepala setelah menggunakan helm. Kenyamanan kepala kamu saat menggunakan helm sangat diutamakan. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan helm yang digunakan tentu saja dapat mempengaruhi fokus saat mengendarai sepeda motor.

Memiliki Label SNI

Usahakan untuk membeli helm yang telah memiliki label SNI seperti helm GM. Harga helm yang berlabel SNI memang lebih mahal dari pada yang tidak memiliki label. Tapi lebih baik membeli helm dengan label SNI yang telah sesuai dengan standar karena keselamatan lebih berharga. Jangan tergiur harga murah dan motif bagus saat membeli helm. Utamakan kenyamanan dan perhatikan lebel SNInya.

Pilih Helm Baru Bukan Bekas

Banyak sekali pedagang helm yang menjual helm baru mau pun bekas. Disarankan untuk tidak membeli helm bekas karena helm seperti ini biasanya memiliki kondisi yang sudah tidak lagi bagus. Kecuali kamu mengetahui riwayat penggunaan helm tersebut. Seperti membeli helm bekas dari sanak saudara kamu. Tapi memang lebih baik memilih helm baru yang memiliki kondisi yang lebih bagus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia