22 Jun 2016

Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini

Yang pasti, menjaga kesehatan jantung harus dilakukan dengan cara menjaga kesehatan secara keseluruhan dengan rajin berolah raga dan mengkonsumsi makanan sehat serta menghindari berbagai racun yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Bagi kamu yang saat ini masih berusia muda, kamu wajib tahu bagaimana cara mencegah penyakit jantung sejak dini agar tidak menyesal di kemudian hari. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa, penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh paling banyak di dunia ini.

Sebelum kita membahas bagaimana cara mencegah penyakit jantung, kita juga harus tahu apa saja yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Dan berikut adalah beberapa diantaranya:

Penyebab Penyakit Jantung

  1. Merokok, termasuk juga menjadi perokok pasif.
  2. Tekanan darah tinggi.
  3. Kelebihan berat badan karena obesitas dan kolesterol.
  4. Gula darah yang tinggi.
  5. Akibat resistensi insulin.
  6. Bisa juga disebabkan karena diabetes.
  7. Atau karena peradangan pembuluh darah.

Resiko penyakit jantung bisa bertambah karena beberapa hal, diantaranya adalah karena, kita mengalami obesitas sejak kecil atau karena jarang berolahraga. Dan berikut adalah cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit jantung sejak dini.

1. Hindari Merokok

Disebutkan di atas bahwa salah satu penyebab penyakit jantung adalah kebiasaan merokok. Jadi sudah pasti, untuk menghindari penyakit jantung kita harus menghindari rokok. Bahkan menjadi perokok pasif juga sangat berbahaya. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki seorang suami perokok, ada baiknya kamu memintanya untuk berhenti. Atau paling tidak, ia harus merokok di luar ruangan atau menjauh dari orang yang tidak merokok.

2. Jaga Tekanan Darah

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan tekanan darah kita naik di antaranya adalah makanan yang kita konsumsi atau karena sifat emosional yang kita miliki. Agar tekanan darah bisa tetap stabil, kita dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan berprotein tinggi seperti daging, kita juga dianjurkan untuk rajin berolahraga agar tekanan darah tetap normal dan stabil. Olahraga merupakan media yang paling tepat untuk menghindari stres selain dengan berlibur.

3. Banyak Bergerak

Penimbunan lemak di tubuh kita biasanya terjadi karena kita jarang bergerak atau jarang berolahraga sehingga kalori yang kita dapatkan dari makanan tidak digunakan oleh tubuh. Yang ujung-ujungnya kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh kita dalam bentuk lemak untuk dijadikan sebagai cadangan tenaga.

4. Batasi Asupan Kalori

Jumlah kalori terbesar biasanya kita dapatkan dari nasi atau makanan yang dibuat dari tepung beras. Terlalu banyak asupan kalori juga dianggap tidak baik karena berkontribusi cukup besar terhadap diabetes dan kelebihan berat badan (penumpukan lemak). Jadi, sudah waktunya kisah memangkas jumlah nasi, dan memperbanyak sayuran serta buah-buahan untuk mencegah penyakit jantung sejak dini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia