27 Jun 2016

Perkembangan dan Harga Kompor Gas Portable yang Makin Diminati

Kompor merupakan peralatan dapur yang tak mungkin dihilangkan dari kebutuhan manusia modern kala ini. Namun, apakah Anda mengetahui bagaimana sejarang benda yang selama ini sangat menunjang kebutuhan sehari-hari?

Kompor yang banyak digunakan saat ini termasuk dalam jenis kompor portable atau kompor yang bisa dengan mudah dibawa kemana saja Anda mau. Harga kompor gas portable ini juga terbilang sangat terjangkau dibandingkan dengan harga kompor yang sudah ditanam dan tidak bisa berpindah.

Perkembangan kompor bisa dibilang sangatlah pesat jika kita melihat bentuk dan kinerja kompor saat pertama kali ditemukan oleh manusia. Kompor sejatinya merupakan alat untuk memanaskan dan memasak makanan. Benda ini sudah digunakan sejak peradaban manusia pertama dalam bentuk api saja di atas tumpukan kayu. Setelah itu, tungku mulai diciptakan dengan membuat tanah liat sebagai tembok dan memasukkan kayu ke dalamnya. Tungku dianggap lebih awet ketimbang kayu saja sehingga manusia zaman dahulu mulai menetap di satu tempat saja. Batu yang diciptakan juga bertujuan agar api tidak menyebar dan membahayakan manusianya. Tungku sudah mulai digunakan sejak zaman Dinasti Qin (221-206/207 SM).

Setelah tungku, manusia mulai menggunakan kompor minyak yang ditemukan oleh Alexis Soyer pada tahun 1849. Kompor jenis ini juga bisa terbilang sebagai kompor portable karena bisa dibawa kemana saja. Sayang sekali, pada masanya, harga kompor minyak tidak cukup terjangkau seperti harga kompor gas portable saat ini. Kompor minyak bekerja dengan menyambungkan sumbu ke sumber minyak dan ke bagian atas kompor tempat api nantinya dihasilkan. Kompor ini lebih diminati karena kinerjanya yang tidak membahayakan seperti kompor tungku.

Pada akhirnya kompor gas mulai dikembangkan di tahun 1880 dan sangat diminati oleh masyarakat luas di London. Kompor ini memiliki komponen tabung gas, selang penghubung, pematik kompor dan badan kompor itu sendiri. Badan kompor juga terbuat dari bahan yang sangat awet seperti stainless steel. Kelebihan dari kompor gas ini juga sangat dicari yakni tidak ada asap berlebihan yang dihasilkan ketika digunakan. Anda bisa membandingkan banyak sekali macam dari kompor gas yang dirancang sesuai kebutuhan seperti untuk restoran dan kebutuhan rumah tangga. Harga kompor gas portable juga bisa beragam mulai dari yang sangat terjangkau hingga yang sangat mahal tergantung dari bahan dari badan kompor dan kekuatan api yang dihasilkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia