3 Jun 2016

Perhatikan 3 Hal ini Sebelum Membeli Rumah

Sebagai orang awam, ketika kita sudah ada rencana untuk memiliki hunian yang nyaman dan menyenangkan. Tentu ada banyak pertimbangan yang akan membuat kita berpikir sedikit keras. Terlebih lagi, jika kita adalah pasangan muda yang tidak ada pengalaman sama sekali dalam dunia properti. Tentu saja, selain meminta pendapat orang-orang terdekat atau yang sudah kita percaya yang sekiranya mereka telah memiliki pengalaman tentang rumah yang seperti apa sih yang baik itu. Saya sendiri sampai saat ini juga terus mempelajari bagaimana caranya nanti saya bisa memiliki sebuah rumah impian dengan budget yang tidak terlalu besar hehe. Maklum ya, rumah tangga baru, jadi maunya semua serba murah dan bersubsidi.


Memperhatikan Lingkungan

Pertimbangan pertama yang akan saya sangat prioritaskan adalah, lingkungan. Lingkungan yang baik, akan membuat kita menjadi nyaman. Gak mungkin kan kita memilih rumah yang ada di lingkungan yang memiliki predikat buruk di mata orang. Seperti apa sih lingkungan yang baik itu? Tentu saja, harus ada masjidnya di dekat rumah, gak ada kantor praktek riba (karena sekarang banyak sekali Koperasi Simpan Pinjam yang memakai perumahan untuk kantornya). Tetangga yang kalau kita lihat bisa menilai kalau mereka orang baik-baik. Karena faktor lingkungan juga yang kelak akan membentuk pribadi anak-anak, bukan? Oleh karena itu, ini prioritas utama.


Pilih Lokasi Terbaik

Ini nih, momok paling menakutkan sebelum kita membeli rumah impian. Berhubung saya maunya tinggal di kota karena beberapa alasan, yang kita tahu sendiri kalau kota itu sering banget jadi langganan banjir, oleh karena itulah kita harus lebih pintar memilih lokasi. Paling tidak, kita bisa memilih, seperti pinggir kota yang bebas banjir akan jauh lebih baik dari pada di tengah kota tapi langganan banjir.


Ikut Program rumah murah

Kalau sudah nemu faktor lingkungan dan lokasi, saatnya kita mikirin budget. Gak semua pasangan muda punya langsung banyak uang. Kebanyakan malah pasangan muda itu berjuang demi menggapai cita-cita termasuk rumah impian. Kecuali kalau pasangan ini udah kaya dari keturunan ya hehe. Gak ada salahnya kok kalau kita ikutan program perumahan murah yang sekarang sudah banyak beredar di berbagai daerah. Dengan begitu, kita bisa menghemat atau mungkin menyisihkan beberapa budget untuk keperluan isi rumahnya juga. Dan rumah impianpun akan segera tercapai. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia