7 Jun 2016

Cara Mencegah Penyakit Kolesterol Tinggi


Penyakit kolesterol tinggi adalah penyakit yang disebabkan karena mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak jenuh. Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia juga dapat diderita oleh perokok akut. Hal ini dikarenakan dalam rokok terdapat zat kimia akrolein yang dapat menghentikan aktifitas kolesterol baik untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh untuk dibuang ke hati. Sehingga dapat terjadi penyempitan arteri pada tubuh.

Jika tidak segera diatasi penyakit kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung dan juga stroke. Gejala awal dari penyakit kolesterol tinggi ini adalah rasa sakit di sekitar dada bagian depan dan juga lengan ketika mengalami stres atau melakukan aktifitas berat. Untuk mencegah terkena penyakit kolesterol tinggi ini ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Cara Mencegah Penyakit Kolesterol Tinggi

Mencegah diri untuk terkena penyakit kolesterol tentu akan lebih baik dari pada harus mengobati. Penyakit kolesterol tinggi ini sangat rentan menyerang orang Indonesia karena pola makan yang cenderung mengandung banyak lemak jenuh. Sehingga penyakit ini dapat menyerang siapa saja. Bahkan belakangan ini banyak orang-orang yang masih berusia muda terkena penyakit kolesterol tinggi. Padahal dulunya penyakit ini hanya menyerang orang-orang yang berusia tua yang notabene memang sudah tidak seaktif anak muda.

Mengurangi Konsumsi Makan Berlemak Jenuh

Penyebab utama dari kolesterol tinggi adalah lemak. Sehingga untuk mencegah diri kita terkena penyakit ini kita harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti santan, jeroan, telur puyuh, daging kambing, kulit ayam, kulit bebek, cumi dan kerang. Tapi bukan mutlak tidak boleh mengkonsumsi makanan di atas. Hanya saja mengurangi frekuensi mengkonsumsi makanan tersebut.

Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah makanan yang aman dikonsumsi untuk pencegahan penyakit kolesterol tinggi karena mengandung lemak tidak jenuh. Dan justru akan menambah kolesterol baik dan mengurangi penyumbatan arteri pada tubuh.

Rutin Berolahraga

Olahraga secara rutin selain dapat mencegah penyakit kolesterol tinggi juga merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh. Dengan berolahraga tubuh menjadi tetap aktif dan dapat membantu menaikan kada kolesterol baik. Hal ini dikarenakan olahraga dapat merangsang tubuh untuk membawa endapan lemak ke hati untuk diurai.

Menghindari Kebiasaan Merokok

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dalam rokok terkandung zat kimia yang dapat menghentikan aktifitas kolesterol baik. Jika kamu perokok aktif maka segera hentikan kebiasaan buruk ini untuk mencegah terkena penyakit kolesterol tinggi mau pun penyakit lainnya yang dapat disebabkan oleh rokok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia