20 Mar 2016

Tips Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

Gula darah adalah suatu istilah yang digunakan di dalam kondisi keadaan glukosa pada darah seseorang. Glukosa adalah sumber energi utama di dalam tubuh saat dialirkan melalui darah. Akan tetapi apabila kondisi kadar gula seseorang mengalami kenaikan secara drastis justru akan memicu terjadinya berbagai macam penyakit kronis. Penyakit tersebut dapat mengancam seseorang apabila kadar gula di dalam darah mulai melebihi dari ambang batas normal. Penyakit tersebut biasa disebut dengan penyakit diabetes.

Kondisi kadar gula di dalam darah yang rendah juga tidak baik dan akan menimbulkan penyakit yang disebut sebagai hipoglikemik yang ditandai dengan kondisi tubuh dan perasaan mudah lelah, fungsi mental semakin menurun, mudah tersinggung hingga kehilangan kesadaran. Bagi seseorang yang mempunyai kadar gula di dalam darah di atas batas normal tentu harus segera melakukan berbagai tindakan baik secara medis maupun secara alami. Apabila dibiarkan maka dapat memicu penyakit - penyakit lain yang lebih serius seperti gagal ginjal, saraf, mata dan lain sebagainya. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menurunkan gula darah:
  1. Rutin memeriksakan kesehtan ke dokter 
  2. Menjaga berat badan agar tetap ideal 
  3. Melakukan olahraga secara teratur 

Anda juga dapat menurunkan kadar gula darah dengan mengatur pola makan menjadi pola makan yang lebih sehat berikut adalah cara menurunkan kadar gula di dalam darah melalui bahan-bahan alami seperti,

Kayu manis

Beberapa studi menunjukkan bahwa kayu manis baik untuk menurunkan glukosa didalam darah, kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Akan tetapi penggunaan kayu manis harus tetap dalam dosis yang dianjurkan.

Buah alpukat

Asam lemak tak jenuh yang terdapat didalam buah alpukat merupakan komponen penting untuk mengelola kadar gula di dalam darah. Asam lemak tak jenuh adalah unsur hara yang terkandung didalam beberapa makanan seperti buah Alpukat. Buah Alpukat terbukti mampu menurunkan resiko sindrom metabolik termasuk penyakit diabetes. Anda dapat mengkonsusmi buah alpukat sebagau jus dengan menggunkan gula rendah kalori tropicana.

Kacang almond

Merupakan sumber magnesium, serat dan protein. Kandungan magnesium yang tinggi dapat menurunkan kadar gula di dalam darah yang tinggi hingga pada menjadi normal. Anda dapat mengkonsumsi kacang almond baik sebagai camilan maupun dicampur dengan masakan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia