31 Mar 2016

Manfaat Membacakan Cerita Pendek pada Anak

Membacakan cerita pendek kepada anak anda tentu merupakan suatu hal positif bagi anak anda yang bisa anda berikan setiap harinya kepada anak anda setiap jam tidur mereka. Lakukanlah secara rutin ketika mereka beranjak ke tempat tidur. Dengan memberikan cerita pendek yang memiliki kandungan cerita positif tentunya akan memberikan pendidikan tersendiri bagi anak-anak anda sehingga akan mengembangkan pola pikir yang jauh lebih matang daripada anak-anak pada umumnya.

Lalu apakah anda termasuk kepada golongan orang tua yang tidak memikirkan hal tersebut? apakah karena waktu dan pekerjaan? 15 menit waktu untuk membacakan cerita pendek anak anda adalah cukup. Maka alasan apalagi yang bisa memperkuat anda untuk memilih meninggalkan perhatian seperti membacakan cerita pendek kepada anak setiap kali mereka akan tidur.

Mengapa dengan membacakan cerita pendek setiap kali mereka akan tidur bisa membantu tumbuh kembang anak lebih berkembang? karena jika diibaratkan dengan sifat bahan di lingkungan sekitar kita, otak anak di usia dini itu seperti sponge yang memiliki kemampuan dalam menyerap air begitu baik. Begitulah otak-otak anak usia dini yang mampu menyerap intisari cerita dengan begitu baik. Dan dengan bimbingan oleh kita untuk menghadapi masalah bagaimana ketika membacakan suatu tragedy yang ada pada cerita sangatlah penting.

Mereka akan belajar tentang bagaiamana menghadapi suatu masalah dan bagaimana bersikap yang lebih baik lagi, adapun manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dari membacakan cerita pendek kepada anak diantara lain seperti:
  1. Dapat mempererat hubungan antara orang tua dengan anak
  2. Dapat membantu anak dalam memahami bahasa-bahasa baru yang mereka temukan dan mereka belum mengerti apa itu artinya, disitu kita dapat menjelaskannya secara umum supaya anak anda mengerti
  3. Dapat merangsang otak untuk terus berkembang mengikuti alur dalam setiap permasalahan yang ada dalam cerita pendek

Yah, itu adalah sekelumit kelebihan-kelebihan yang dapat kita temukan ketika membacakan cerita pendek kepada anak-anak. Temukan tips-tips lainnya dalam Sariwangi-Mari Bicara dan berikanlah semua yang terbaik untuk tumbuh kembang anak-anak anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia