29 Mar 2016

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membeli Mobil Bekas

Apakah kamu berencana membeli mobil bekas dalam waktu dekat ini?

Mobil memang sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat modern. Aktivitas di berbagai tempat membutuhkan mobil agar kamu lebih leluasa bepergian. Kini, banyak sekali varian mobil bekas yang dapat kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Melalui press conference yang dilangsungkan di Pisa Café Mahakam pada 29 Maret 2016, Mobil123.com memberikan banyak informasi terkini seputar cara memilih mobil bekas. Berikut lima kesalahan yang paling sering dilakukan ketika membeli mobil bekas berdasarkan para pengamat otomotif. Kesalahan-kesalahan yang dimaksud, yaitu:

Tidak Paham Soal Mesin

Kesalahan yang satu ini berakibat sangat fatal. Pastikan kalau kamu benar-benar memahami kondisi mesin dan fisik mobil bekas yang hendak kamu beli. Tetapi jika kamu tidak paham, kamu bisa mengajak sahabat, keluarga, atau montir kepercayaan yang mengerti kondisi mesin mobil. Hal ini sangat penting sebab pemeriksaan mesin mobil bekas harus dilakukan secara teliti. Jangan sampai kamu membeli mobil bekas yang kualitasnya buruk hanya karena kamu tidak memahami seluk beluk mesin mobil.

Lupa Menanyakan Sejarah Pemakaian Mobil

Sejarah pemakaian mobil yang dimaksud adalah tentang pihak-pihak yang pernah memiliki mobil tersebut (mobil dari tangan ke berapa) dan riwayat penggunaan (apakah sering dipakai bepergian atau tidak). Selain mendengarkan penuturan sang pemilik mobil, kamu juga bisa memeriksa bagian fisik dan mesin secara teliti untuk memastikan jika mobil tersebut tidak pernah mengalami kecelakaan parah, terendam banjir, atau riwayat buruk lainnya.

Terlalu Buru-Buru Ketika Melakukan Test Drive

Kamu tak perlu terburu-buru saat melakukan test drive. Pasalnya, beberapa masalah mesin tertentu justru timbul ketika mobil sudah panas dan sudah digunakan untuk perjalanan yang agak lama. Banyak hal yang harus kamu periksa ketika melakukan test drive, antara lain getaran dan suara mesin, bunyi knalpot, kenyamanan perpindahan persneling, dan efektivitas rem.

Tidak Memeriksa Catatan Servis Kendaraan

Mobil bekas yang terawat adalah mobil yang sering diservis secara berkala. Semua catatan riwayat servis serta onderdil yang diganti tentu dicatat pada buku catatan servis. Jadi, sebaiknya kamu meminta buku catatan tersebut kepada si pemilik mobil supaya kamu lebih mudah menilai kualitas mobil bekas yang hendak kamu beli.

Langsung Membeli Tanpa Melakukan Perbandingan

Kamu harus tahu bahwa masih banyak penjual mobil bekas yang menawarkan tipe mobil yang sama dengan mobil bekas yang kamu incar saat ini. Oleh sebab itu, tidak perlu tergesa-gesa membeli suatu mobil setelah memeriksanya. Kamu masih punya waktu untuk memikirkannya kembali sembari melihat-lihat mobil bekas lainnya. Cara ini membuatmu jadi lebih mudah menentukan mobil bekas terbaik sesuai kebutuhan.

Sekarang kamu tentu paham bahwa bukan mobil baru saja yang bisa memperlancar aktivitasmu. Mobil bekas pun tak kalah bermutu asalkan kamu teliti sebelum membeli. Sudahkah kamu menentukan tipe mobil bekas yang kamu inginkan?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia