20 Mar 2016

Cara Mencegah Diare yang Sangat Mudah dan Tepat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Diare adalah suatu penyakit yang menyerang penceranaan dimana penderitanya akan mengalami buang air besar dengan intensitas melebihi dari kebiasaan buang air besar setiap hari. Diare bisa menyerang siapa saja dan kapan saja dan dimana saja. Diare ini bisa menyebabkan kematian karena dehidrasi berat yang ditimbulkan akibat banyaknya cairan tubuh yang keluar akibat terlalu seringnya buang air besar. Bahkan ada juga yang disertai dengan muntah – muntah. Jika sudah demikian, maka pemberian cairan elektrolit adalah salah satu cara yang paling awal untuk menanganinya. Namun anda jangan khawatir, diare ini bisa dicegah dengan beberapa cara mudah dan bisa anda lakukan setiap hari. Berikut cara mencegah diare tersebut. 

Cuci tangan sebelum makan

Mencuci tangan sebelum makan adalah salah satu pencegahan yang pertama harus dialakukan, tangan bisa menjadi agen penyebaran penyakit diare yang paling pertama. Dalam tangan terdapat ribuan bakteri bahkan virus. Jika tidak mencuci tangan sebelum makan, maka bakteri ataupun virus akan ikut masuk kedalam tubuh bersama makanan yang anda konsumsi. Namun mencuci tangan dengan air saja belum cukup. Ada baiknya anda mencuci tangan dengan menggunakan sabun anti bakteri agar kuman yang menempel pada tangan anda bisa dihilangkan dengan sempurna.

Mencuci alat makan dengan sabun

Selain mencuci tangan dengan menggunakan sabun anti bakteri, mencuci alat makan juga harus menggunakian sabun hingga alat makan yang anda gunakan benar – benar terhindar dari bakteri ataupun virus penyebab penyakit. Jika anda hanya mencuci alat makan anda dengan hanya menggunakan air saja, maka kuman penyakit yang menempel pada alat makan anda tidak akan hilang dengan sempurna.

Perhatikan kebersihan lingkungan

Dengan selalu memperhatikan kebersihan lingkungan terutama lingkungan rumah anda, maka anda akan terhindar dari diare ini. Diare adalah penyakit yang menyerang dan berkembang ditempat yang kurang kebersihannya. Selalu menjaga kebersihan rumah adalah salah satu syarat utama agar anda bisa terhindar dari penyakit ini. Toilet atau wc merupakan ruangan yang wajib anda bersihkan setiap saat. Selain wc, ruangan yang wajib anda bersihkan lainnya adalah ruangan dapur. Di dapur ini terdapat banyak sekali kuman atau bakteri penyebab berbagai penyakit termasuk diare. Makanya membersihkan dapur juga harus anda lakukan setiap saat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia