10 Mar 2016

Berbagai Cara Mengatasi Kolesterol yang Efektif

Kolesterol adalah suatu zat hasil metabolisme tubuh yang mengandung lemak sterol. Dengan kata lain, kolesterol merupakan sejenis lemak atau lipida. Kolesterol ini terdapat pada membran sel dan senantiasa disirkulasikan dalam darah. Kadar kolesterol yang melebihi batas normal dapat menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius. Karena itulah diperlukan cara mengatasi kolesterol yang efektif untuk menghindarkan Anda dari berbagai masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kolesterol.

Kolesterol sebenarnya merupakan zat yang sangat berperan penting dalam tubuh manusia karena fungsinya dapat melangsungkan kehidupan. Kolesterol diproduksi oleh hati, namun juga dapat berasal dari makanan. Kadar kolesterol yang melebihi batas normal atau terlalu tinggi dapat berdampak kurang baik pada tubuh. Meskipun kadar kolesterol yang tinggi tidak menimbulkan gejala tertentu, namun kadar kolesterol yang terlalu tinggi ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Kandungan kolesterol dalam darah dapat diketahui melalui tes darah. Berikut ini beberapa cara mengatasi kolesterol yang dapat dilakukan:
  1. Mengonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi seimbang. 
  2. Mengonsumsi makanan yang rendah lemak. 
  3. Mengganti bahan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dengan bahan makanan rendah lemak seperti sayur, buah, dan biji-bijian. 
  4. Rutin beraktivitas dan berolahraga. 
  5. Menghentikan dan menghindari kebiasaan merokok. 

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi ini dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung. Jika kadar kolesterol dalam tubuh Anda melebihi batas normal dan tetap dibiarkan, maka resiko Anda terkena penyakit jantung akan lebih besar. Kolesterol berperan dalam penyakit jantung karena kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat mengendap dan menyebabkan penyumbatan pada arteri jantung. Jika kondisi ini dibiarkan, maka aliran darah ke jantung akan terhenti sehingga menyebabkan gagal jantung. Cara mengatasi kolesterol perlu Anda perhatikan dan juga diterapkan terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Selain cara-cara di atas, kolesterol dapat diatasi dengan mengonsumsi produk Tropicana. Tropicana menyediakan produk yang rendah atau bebas lemak yang dapat membantu Anda dalam mengatur kolesterol dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia