22 Feb 2016

Obrolan Ringan dengan Pegawai Pos

Hari ini seperti tanggal-tanggal tua lainnya, saya memang rajin ke Kantor Pos untuk membayar tagihan listrik dan air rumah orang tua saya. Karena memang saya masih belum punya rumah sendiri, jadi numpang dulu sementara. Haha. Tapi, ada yang beda untuk hari ini. Hari ini sekaligus saya mengambil uang dari Western Union. Hari ini adalah payout kedua saya setelah setahun lebih bermain Google AdMob. Tapi tetap saja, meskipun dari Google AdMob, saya mengaksesnya lewat Google AdSense.

Saya yakin di Hari Karung Nasional ini banyak sekali blogger maupun developer game yang bayaran dari Google. Nominalnya juga sangat bervariasi, dari yang jumlahnya kecil hingga jumlahnya fantastis; bisa dibuat beli rumah. Saya termasuk orang yang penghasilan dari Google terbilang kecil, jika dibandingkan dengan pemain Google AdSense lainnya.

Tidak seperti blogger lainnya, saya bayaran dari Google AdSense terhitung sangat-sangat lama, karena yang kedua ini harus menunggu empat bulan baru bisa bayaran. Tentu jika untuk payout saja menunggu waktu 4 bulan, maka bisa dikira-kira sendiri lah berapa jumlah bayarannya.

Saya pun ke Kantor Pos terdekat dengan rumah. Lalu seperti biasanya saya mengisi formulir Western Union yang disediakan. Karena pegawai Pos nya masih muda, sepertinya dia penasaran dengan pencairan dana yang saya lakukan. Dia melihat pengirimnya dari Google Singapura. Kemudian pegawai itu bertanya pada saya.

"Mas, ini bayaran dari Google yah?"
"Iya, Mas."
"Dari Google AdSense yah? Alamat blog-nya apa?"
"Iya, dari Google AdSense, tapi saya tidak main di blog. Saya main di Google AdMob."
"Sama kayak Google AdSense yah?"
"Iya, Google AdMob itu lebih ke aplikasi."
"Aplikasi apa, Mas?"
"Game, Mas."
"Pake Java?"
"Iya, Mas."
"Oh, Mas-nya anak teknik yah?"
"Iya, Mas."
"Owh, pantesan. Teman saya juga ada yang main Google AdSense, tapi lewat blog."
"Iya, kebanyakan memang pemain Google AdSense itu lewat blog, Mas."
"Eh, katanya ada yang sampe dapat ratusan juta yah?"
"Iya, Mas. Biasanya yang dapat raturan juta itu dia punya blog banyak dan sudah punya karyawan."

Dan masih cukup banyak percakapan yang terjadi antara saya dan pegawai Pos ini. Pegawai Pos ini masih muda, sekitar seumuran saya, dan sangat lazim dia juga mengetahui tentang Google AdSense ini. Jika dipikir-pikir memang sudah banyak orang yang memahami tentang cara mencari uang lewat internet ini. Setidaknya sudah mengurangi dugaan yang aneh-aneh jika mendadak kaya. Tapi, tetap saja jika menghadapi orang yang iri, meskipun dia tidak paham tentang dunia internet, maka dia bisa menuduh kamu ikut pesugihan babi ngepet. Hehe. Jika kamu menghadapi orang yang iri, jangan ditanggapi. Mending bikin aplikasi yang bisa dimonetasi.

Itulah salah satu pengalaman saya ngobrol dengan pegawai Pos di payout yang kedua ini. Saya yakin pasti banyak pengalaman lainnya yang lebih menarik. Saya pernah tahu ada seorang yang mengambil uang dari Google AdSense di bank. Menariknya pegawai bank-nya (perempuan) malah tertarik (mungkin jatuh hati karena melihat nominal yang diambil) dengan orang itu. Dan parahnya si pegawai bank tersebut tidak percaya kalau orang itu hanya lulusan SMP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia