15 Feb 2016

Memilih Obat Kumur Gigi yang Sesuai Kebutuhan

Menjaga kesehatan gigi dan mulut memang sesuatu yang harus dibiasakan. Menyikat gigi seusah sarapan dan sebelum tidur adalah suatu keharusan. Tapi ternyata terkadangan kita lupa, jika setelah menyikat gigi masih ada sisa makanan yang belum sepenuhnya hilang. Apalagi dibagian sela-sela gigi yang sangat kecil yang tidak terjangkau bulu sikat sering kali menjadi penyebab gigi keropos. Hal ini dapat kita tanggulangi dengan menggunakan obat kumur gigi.

Obat kumur gigi yang ada di pasaran memang memiliki banyak sekali jenis dan kegunaannya. Untuk memilih obat kumur yang tepat bagi kesehatan gigi dan mulut kita perlu mengetahui permasalahan pada mulut dan gigi kita terlebih dahulu. Berikut adalah macam-macam obat kumur gigi.

Obat Kumur Kosmetik

Beberapa orang terkadang menggunakan obat kumur sekedar untuk menyegarkan mulut. Meski tidak memiliki masalah gigi dan mulut yang serius, beberapa orang menggunakan obat kumur untuk menyamarkan bau mulut setelah makan makanan yang berbau tajam. Jika kamu tidak memiliki permasalahan bau mulut yang serius obat kumur kosmetik dapat kamu gunakan setiap saat jika ingin menyegarkan mulut. Fungsi obat kumur kosmetik ini hanya sekedang menghilangkan bau mulut sementara. Sangat tidak cocok untuk menghilangkan bau mulut yang sudah akut atau pun permasalahan gigi serius lainnya.

Obat Kumur Anti Bakteri

Permasalahan gigi dan mulut yang lebih serius membutuhkan penanganan yang lebih dalam. Menyikat gigi saja terkadang belum cukup. Bagi kamu yang memiliki masalah gigi dan mulut yang cukup serius kamu dapat menggunakan obat kumur anti bakteri. Dalam obat kumur gigi ini terdapat zat-zat yang dapat mengurangi bau mulut akibat dari bakteri pada mulut. Obat kumur anti bakteri ini biasanya menggandung alkohol. Pada pemakaian yang berlebihan dapat menyebabkan mulut kering dan iritasi. Maka dari itu perlu diperhatikan cara pemakaian yang sesuai dosis.

Obat Kumur Pencegahan Gigi Berlubang

Masalah gigi berlubang memang bukan hal yang sepele. Awal dari permasalahan gigi biasanya dimulai dari gigi yang berlubang. Maka dari itu sebelum gigi berlubang kita harus mencegahkan terlebih dahulu. Karena jika gigi sudah berlubang, lama kelamaan akan menyebabkan masalah yang lebih serius lagi. Selain menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung Florida, untuk melengkapi pencegahan gigi berlubang kamu dapat menggunakan obat kumur gigi yang mengandung Florida. Kandungan Florida pada obat kumur ini dapat melindugi gigi dari ancaman gigi berlubang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Obat Kumur

Penggunaan obat kumur harus digunakan secara hati-hati. Pada penggunaan yang salah obat kumur ini dapat menjadi ancaman bagi kesehatan gigi. Seperti pada obat kumur yang mengandung alkohol. Jangan gunakan obat kumur jenis ini setiap hari. Jika menggunakannya tiap hari maka obat kumur ini hanya akan membuat mulut terasa kering bahkan dapat menyebabkan iritasi. Bahkan dapat menyebabkan bau mulut dikarenakan obat mulut tersebut membunuh semua bakteri bahkan bakteri baik sekali pun yang menjaga kondisi mulut untuk tetap lembab.


Jangan menelan obat kumur yang mengandung alkohol. Hal ini dapat menyebabkan keracunan jika ditelan dalam dosisi besar. Bahkan pada anak-anak dapat menybabkan kematian. Sangat tidak disarankan juga untuk berkumur dengan air setelah berkumur dengan obat kumur gigi. Hal ini dapat menghilangkan manfaat obat kumur gigi yang masih tertinggal pada gigi.

Perhatikan anjuran pemakaian obar kumur agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Hal ini dikarenakan tiap jenis obat kumur gigi memiliki anjuran pemakaian yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia