4 Feb 2016

Gejala Penyakit Diare dan 4 Macam Penyebabnya

Diare bisa menyerang siapa saja, tak peduli Anda yang sudah dewasa atau anak-anak Anda yang masih bayi. Meski aslinya bisa ditangani dengan cepat, diare yang terlambat ditangani bisa berakibat fatal. Ini sebabnya kenapa WHO masih menempatkan diare sebagai penyebab kematian anak nomor satu sekarang ini. Tak hanya mengenali gejala penyakit diare, Anda juga harus tahu apa saja penyebab dari penyakit ini sehingga bisa menghindarinya.


Adapun gejala diare yang biasa terjadi, baik itu pada anak dan orang dewasa adalah seperti ini:
  • Sakit dan perih di bagian lambung, mirip dengan maag
  • Merasa mules dan sering buang air besar, lebih dari 3 kali dalam 24 jam
  • Mual-mual dan juga muntah
  • Tinja yang cair atau lembek
  • Mengalami kram di perut
  • Perut terasa kembung dan terus berbunyi
  • Badan terasa pegal-pegal dan juga menjadi lemas
  • Mengalami dehidrasi

Setelah mengenali gejala tersebut, Anda juga perlu mengenali macam-macam penyebab dari diare tersebut. Ini dia:

1. Virus, bakteri, dan parasit

Virus yang disebut Rotavirus, bakteri seperti Vibrio cholera, Salmonella, dan Escherichia coli, serta parasit yang hidup di usus akan membuat Anda terkena diare.

2. Antibiotik

Tak hanya karena kuman dan bakteri saja, namun obat antibiotik yang terlalu kuat bisa menjadi penyebab kenapa Anda mengalami diare. Ini biasanya terjadi pada anak, dan Anda harus segera konsultasikan ke dokter.

3. Alergi

Diare sendiri bisa merupakan reaksi alergi karena memakan makanan seperti telur, kacang, ikan, dan berbagai makanan lain. Meski diare karena ini biasanya hanya berlangsung sampai semua makanan tersebut sudah keluar dari tubuh.

4. Intoleransi

Bisa jadi, tubuh Anda tidak bisa mencerna makanan tersebut, seperti misalnya kurangnya laktose yang bisa mencerna laktosa dalam susu.

Jadi meskipun gejala penyakit diare sendiri bisa sama, tergantung dari penyebabnya, penanganan dari penyakit ini bisa berbeda-beda. Cara pencegahan paling aman tentu saja adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar Anda, tidak membiarkan adanya genangan air atau sampah bertebaran, dan mencuci tangan dengan sabun seperti Lifebuoy sebelum dan sesudah makan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia