22 Feb 2016

Begini Cara Iskael.com Mendapatkan Gambar Gratis untuk Posting Blog

Semakin banyaknya blog yang saya kelola, tentu saja saya tidak bisa menghasilkan thumbnail untuk posting blog dengan membuat sendiri seperti dulu. Dulu, saat masih tahun 2014, saya lebih suka membuat thumbnail sendiri menggunakan software Adobe Illustrator. Namun, seiring dengan berkembangnya dunia blog saya, saya tidak mampu untuk membuat satu per satu thumbnail untuk posting blog. Lalu apa yang saya lakukan?

Yang saya lakukan adalah mencari tempat yang menyediakan stok foto gratis dengan lisensi bisa digunakan untuk komersial dan bisa bebas diedit. Memang ada situs yang seperti itu? Tentu saja ada jika kamu mau mencarinya. Banyak sekali situs yang menyediakan stok foto gratis. Hanya saja, kamu mau mencarinya atau tidak. Selama ini saya langganan mencari foto gratis di dua situs favorit saya. Sebenarnya masih banyak yang lainnya. Hanya saja, saya lebih suka mencari stok foto di sana, meskipun kadang tidak saya temukan yang saya mau. Maklum, gratis kan? Jadi tidak bisa menemukan yang benar-benar bagus. Tapi bukan berarti tidak ada yang bagus.

Ada dua situs tempat saya mencari stok foto gratis yang mungkin bisa menginspirasi dirimu. Yang pertama adalah Pixabay. Yang kedua adalah Pexels. Pexels hampir sama dengan Pixabay. Hanya saja, Pexels lebih saya suka karena situs ini punya fitur yang dapat menyediakan foto sesuai dengan resolusi yang dibutuhkan. Ini sangat saya sukai karena lebih menghemat waktu saya untuk mengedit foto agar sesuai resolusi yang digunakan dalam blog saya.

Cara Mencari Foto di Pexels

Ketika kamu mengunjungi situs Pexels.com, kamu akan menjumpai tampilan seperti di bawah ini. Lantas, apa yang harus dilakukan? Tentu saja dengan memasukkan kata kunci gambar yang kamu butuhkan. Di Pexels, kamu akan mendapatkan banyak foto berkualitas tinggi.

Pexels.com

Misalkan saja saya masukkan kata kunci "rain" untuk mendapatkan gambar yang berhubungan dengan kata kunci "hujan".

Kata kunci "rain" di Pexels

Setelah itu kamu klik gambar yang sekiranya menarik dan relevan dengan posting blog milikmu.

Kustom ukuran gambar sebelum diunduh

Kamu bisa memilih ukuran gambar yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih ukuran original, besar, menengah, maupun ukuran kecil. Yang saya suka adalah ukuran yang bisa dikustomisasi, karena biasanya saya membutuhkan foto dengan ukuran persegi. Sangat memudahkan untuk kamu yang malas mengedit ukuran foto.

Selanjutnya, pasti kamu bertanya-tanya mengenai lisensinya. Lisensi foto yang diunggah di Pexels adalah CC0. Artinya, kamu bebas menggunakannya untuk apapun dan dibolehkan memasangnya tanpa memberikan kredit, namun tetap saja tidak boleh mengklaim bahwa foto itu adalah buatanmu. Karena memang faktanya foto itu bukan buatanmu. Jadi sangat tidak layak jika mengakui apa yang bukan milikmu.

Saya bersyukur dengan makin banyaknya situs penyedia stok foto gratis seperti Pexels. Tentu saja ini memudahkan para blogger untuk mencari gambar ilustrasi yang digunakan dalam posting artikel di blog. Bagaimana denganmu? Apakah kamu juga menggunakan ilustrasi dari situs stok foto gratis?

4 komentar:

  1. dan gak boleh dijualbelikan mungkin ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena boleh dikomersialkan, berarti boleh mbak

      Hapus
  2. kayaknya lebih bagus disini ya daripada pixabay

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia