21 Feb 2016

Antara Keajaiban dan Proses yang Panjang

Akhir-akhir ini kamu mendengar atau membaca tentang banyaknya blogger yang mempunyai pendapat yang fantastis? Tentu saja banyak sekali kabar yang berseliweran tentang banyakanya anak bangsa yang berhasil bermain nasib di dunia online. Baik itu menjalani sebagai seorang blogger maupun sebagai penjual di toko online maupun di beberapa marketplace.

Apakah kamu berpikir bahwa mereka tiba-tiba seperti itu? Apakah kamu pikir mereka mendapat keajaiban sehingga bisa sukses seperti itu? Jika kamu masih berpikir seperti itu, maka bangunlah. Sesungguhnya kamu masih dalam posisi tidur. Kenyataan yang ada lebih nyata dan pahit dibanding dugaan dan mimpi-mimpi yang sering disangka.

Sebut saya Bunga, seorang blogger yang berhasil mendapatkan ratusan juta dari Google AdSense dengan cara memasang iklan di blog-nya. Mungkin kamu akan berpikir bahwa Bunga ini hanya mempunyai satu blog untuk menghasilkan ratusan juta itu. Atau mungkin kamu berpikir bahwa Bunga ini baru membuat satu blog dan langsung berhasil bermain di ranah Google AdSense. Jika kamu berpikir seperti itu, maka kamu harus menyadarkan dirimu akan hukum alam yang keras.

Kemudian, karena kamu ingin sukses seperti bunga, lalu kamu membuat blog yang isinya masih semau kamu sendiri, lalu mencoba daftar Google AdSense. Dan untungnya kamu diterima dan bisa memasang iklan AdSense. Namun, tiba-tiba kamu tersadar ketika melihat dasbor pencapaian klik yang kamu dapatkan dan bayaran dari hasil klik tersebut begitu mengenaskan. Lalu kamu mencaci Google AdSense yang tidak sesuai ekspektasimu.

Maka, sebelum kamu mengalami hal itu, coba renungkan. Di dunia ini hampir tidak ada sesuatu hal yang terjadi secara instan. Semua diawali dengan sesuatu yang kecil dan terus berproses hingga menjadi besar. Dan proses yang dijalani biasanya sangat panjang dan penuh dengan rasa sakit, kecewa, dan putus asa. Begitu juga dengan mereka yang berhasil mendapatkan penghasilan dari Google AdSense. Ibarat gunung es, maka kesuksesan yang muncul itu seperti gunung es yang terlihat di atas permukaan air. Padahal lebih banyak lagi kesedihan yang tersimpan dalam meraih kesuksesan itu seperti bagian gunung es yang berada di bawah permukaan air.

Biasanya, pemain Google AdSense tidak hanya mempunyai satu blog. Mungkin mereka punya sepuluh blog atau bahkan lebih untuk bisa menghasilkan ratusan juta per bulannya. Tapi, biasanya mereka diam. Mereka tidak mau ada orang dengki yang akan menghancurkan apa yang selama ini mereka bangun dengan keringat dan air mata. Proses yang dibutuhkan pun panjang. Kamu tahu sendiri 'kan bagaimana susahnya mengurus satu blog saja. Bayangkan jika kamu mengurus banyak blog yang harus update dalam kurun waktu tertentu.

Jadi, ketika kamu akan memutuskan untuk iri dengan rejeki yang orang lain dapatkan, berkacalah dulu dengan apa saja yang sudah kamu lakukan. Apa saja yang sudah kamu rasakan. Apakah kamu merasakan kecewa, capek, dan putus asa seperti yang mereka alami? Jika belum, maka sangat pantas jika kamu juga belum mendapatkan nominal seperti yang mereka dapatkan. Jadi, antara keajaiban dan proses yang panjang, hanya orang yang belum bangun dari tidur yang mengatakan itu keajaiban.

2 komentar:

  1. Proses, kayaknya memang itu kunci segala sesuatu. Mau sukses, mau kaya, mau tenar, mau pintar, mau apa pun, kayaknya kuncinya di proses. Karena memang nggak ada yang instan. Yang jadi masalah, menjalani prosesnya itu yang kadang bikin gak sabar, bahkan frustrasi.

    Btw, John, kayaknya kamu makin produktif aja nih? Dari tadi kayaknya update terus. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah, bukan produktif sih
      lebih tepatnya kejar setoran :D
      ini masih kurang banyak
      gara2 sering aku tinggal kesibukan di offline

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia