4 Jan 2016

Clear Recent Apps di Lenovo A6000 Plus, BBM Malah Force Close

Setelah update ke Lollipop, sebenarnya saya masih menyimpan banyak pertanyaan mengenai bagaimana menyelesaikan bug-bug yang muncul di Lenovo A6000 Plus milik saya ini. Pasalnya, banyak sekali bug yang menurut saya penting untuk diselesaikan. Salah satunya adalah masalah BBM.

BBM atau yang merupakan kepanjangan dari BlackBerry Messenger ini mengalami masalah yang cukup serius di ponsel Android Lenovo A6000 Plus setelah diupgrade ke Lollipop. Masalahnya adalah ketika kamu melakukan clear recent apps, maka ikon BBM yang biasanya muncul di notifications bar mendadak hilang. Artinya adalah aplikasi background BBM juga ikutan ditiadakan ketika kamu melakukan clear recent apps. Anehnya ketika kamu melakukan stop all applications di Task Manager, ikon BBM tersebut masih muncul.

Tentu saja sebenarnya ini adalah hal yang terbalik. Harusnya ketika clear recent apps, maka ikon BBM tidak hilang. Namun, ketika stop all applications melalui Task Manager harusnya ikon tersebut menghilang.

Lantas, efeknya apa? Tentu saja efeknya adalah ketidakefisiennya menggunakan aplikasi BBM di Lenovo A6000 Plus yang telah diupgrade ke Lollipop. Mengapa saya katakan tidak efisien? Ya, karena ketika tidak ada proses yang berjalan di background, maka semua notifikasi dari BBM tidak akan kamu terima. Kamu harus membuka aplikasi BBM lagi tiap kali akan mengecek apakah ada notifikasi atau tidak. Sebenarnya hal ini tidak masalah untuk kamu yang jarang menggunakan BBM. Hanya saja ini akan sangat mengganggu apabila kamu sering menggunakan BBM, misalnya untuk jualan. Karena umumnya orang jualan itu selalu standby.

Namun, anehnya ketika menggunakan WhatsApp tidak begitu. Meskipun aplikasi WhatsApp tertutup, masih saja saya mendapatkan notifikasi jika ada orang yang message. Hemat saya sih mungkin metode yang digunakan oleh WhatsApp dan BBM berbeda. Ada layer khusus yang digunakan oleh BBM sehingga tidak dapat di-stop dari Task Manager. Sayangnya hal ini tidak berlaku untuk clear recent apps di Lollipop.

Di bawah ini adalah gambar autostart management di Lenovo A6000 Plus milik saya. Saya mengatur aplikasi mana saja yang bisa jalan di background.


Faktanya, meskipun BBM sudah saya enable "Autostart in background" tetap saja sama. Sangat berbeda dengan metode "Auto startup" yang apabila di-enable masih tetap mendapat notifikasi. Dan aplikasi Google+ menggunakan dua metode tersebut. Sepertinya Google+ memang tahu kendala apa yang akan terjadi nantinya di Lollipop.

Itulah curahan hati saya mengenai BBM yang bermasalah di Lenovo A6000 Plus milik saya. Ketika saya tanyakan teman saya yang menggunakan ponsel yang sama, dia menganjurkan untuk menggunakan Clean Master dan berhenti kebiasaan melalukan clear recent apps di Lollipop.

2 komentar:

  1. berarti udah waktunya pakek messanger dalam negeri itu mas, hihi

    BalasHapus
  2. sekalian dong aku mau tanya, di hp temenku malah di WA yang gak bisa clear chat itu kenapa ya? sudah ganti hp pun tetap begitu

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia