12 Des 2015

Tren Template Blogger

Setelah beberapa tahun kemarin saya berkecimpung di dunia template, rasanya saya ingin kembali berkarya membuat template Blogger lagi. Namun, saya masih belum punya banyak waktu dan ide yang unik untuk hal itu. Sejenak, meskipun tidak langsung membuat template, saya mengamati tren template Blogger saat ini. Sepertinya kebanyakan blogger menyadari bahwa yang paling nyaman untuk konten blog adalah template dengan lebar maksimal sekitar 980 atau 1000 piksel.

Dari awal mengenal cara membuat template, saya memang menyadari ukuran segitulah yang paling nyaman untuk dilihat dan dinavigasi oleh pengunjung. Pertama kali saya belajar membuat template Blogger adalah tahun 2009. Tahun itu sudah banyak komputer dengan resolusi layar lebar 1024 piksel. Tentu saja menggunakan lebar maksimal 1000 piksel adalah hal yang tepat, karena 24 pikselnya digunakan untuk scroller. Atau bahkan ada yang terlihat memiliki lebar 980 piksel karena padding kanan-kiri masing-masing 10 piksel.

Setelah tahun 2013 datang, maka tren template mulai berubah. Saya melihat banyak blogger yang sudah menggunakan template responsif dan memaksimalkan lebar layar yang ada saat itu, yaitu 1280 piksel. Namun, lagi-lagi saya kurang nyaman dengan lebar template blog selebar itu. Rasanya mata lebih capek membaca tulisan dari template yang terlalu lebar. Dan hal itu sepertinya disadari oleh beberapa blogger. Saya lihat blog rujukan saya sejak dulu, css-tricks.com, kini juga menggunakan lebar maksimal 1000 piksel lagi, padahal sebelumnya sempat menggunakan 1280 piksel.

Dari sisi responsif, makin banyak blog yang menggunakan tampilan responsif. Ini memang tidak bisa dipungkiri karena semakin banyak pengguna yang berselancar menggunakan smartphone-nya. Bahkan dalam urusan blogwalking saya lebih banyak menggunakan smartphone karena bisa sembari tiduran. Tidak seperti laptop yang harus dalam posisi duduk. Tiduran pun sebenarnya bisa menggunakan laptop, namun harus tengkurap, tidak bisa telentang.

Tren template blogger selanjutnya di tahun ini adalah penggunaan warna yang sangat sedikit. Jika kamu sempat memperhatikan template blogger di tahun 2009, maka kamu akan menjumpai template hasil slicing yang tentunya sangat ramai warnanya. Sangat berbeda dengan saat ini yang terkesan lebih "clean". Tak hanya warnanya, template yang banyak dipakai saat ini adalah "flat". Jujur sebenarnya saya sendiri juga mulai bosan dengan flat. Sederhana sih, tapi kurang greget!

Karena efek flat inilah, akhirnya banyak sekali yang meninggalkan style "rounded corner". Padahal rounded corner ini adalah hal yang paling aku sukai dulu saat membuat template. Rasanya jika menggunakan rounded corner, blog saya terlihat mulus, tidak garang. Namun, asal kamu tahu, ternyata Facebook-pun hingga saat ini masih menggunakan rounded corner, walaupun hanya 2 piksel. Dalam kotak pencarian Facebook, masih terlihat rounded corner 4 piksel.

Jika membicarakan tren template Blogger, saya malah ingin membuat template Blogger lagi. Entahlah, semoga saja suatu saat saya bisa membuat template Blogger lagi.

5 komentar:

  1. flat bagus klo warnanya pas (pastel2 gitu) dan kontennya pas (font dan paragraf)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, tapi kadang aku bosen ngeliatnya :D

      Hapus
  2. Template blogku bawaan bloger
    Yang penting warna seger
    Semoga tampak pinter
    Dan saya ga minder

    :D

    BalasHapus
  3. wah jadi tercerahkan nih
    ayo dong min buat lagi templatenya yg variatif dan penuh warna. di tunggu ya ^_^

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia