8 Des 2015

Logo Google Menggantikan Blogger

Google. Siapa sih yang tak tahu dengan Google di zaman ini. Bahkan nama Google sudah masuk dalam kamus dengan istilah googling-nya.

Hari ini saya dikagetkan dengan logo Google yang nongkrong di dasbor Blogger, menggantikan logo Blogger. Mungkin Google ingin menunjukkan bahwa layanan Blogger adalah milik Google. Karena memang ada beberapa orang yang masih tidak sadar bahwa Blogger adalah milik Google.

Tapi, apakah sampai seperti itu? Mungkin saja Google punya alasan lain. Bisa saja setelah ini Blogger akan berubah menjadi Google Blog. Seperti halnya layanan Google lainnya yang diawali dengan Google. Misalnya adalah Google Plus dengan URL plus.google.com.

Tak hanya itu, ada lagi Google Play yang ber-URL play.google.com. Dan masih banyak layanan Google lainnya yang bersubdomain ke google.com. Maka sangat wajar jika nantinya laman Blogger akan berpindah ke URL blog.google.com. Itu sih hanya perkiraanku saja. Mungkin Google punya nama yang lebih keren dibandingkan dengan Google Blog.

Logo Google di dasbor Blogger

Dari gelagatnya, Google memang berniat meng-upgrade layanan gratis Blogger ini. Jika kamu lihat ke belakang, maka kamu akan menjumpai banyak perubahan yang sudah dilakukan Google terhadap layanan ngeblog gratis ini.

Saya masih ingat bagaimana tampilan Blogger di tahun 2008. Sangat sederhana. Bahkan untuk mengubah template blog-nya pun tidak sekompleks saat ini. Kemudian tahun 2009 mulailah Google memperbaiki layanan Blogger. Google mulai mengenalkan struktur template yang baru. Jika dulu masih menggunakan $ untuk parameternya, Google mulai menggantikan dengan sintaks tag XML.

Di tahun 2011, Google mengenalkan model template yag baru lagi. Kali ini dengan banyak pilihan. Template bawaan Blogger di tahun 2011 kebanyakan menggunakan kata "faux". Dan template bawaan ini hingga saat ini masih digunakan oleh Blogger.

Bagi saya yang tidak suka menggunakan template bawaan, karena memang dulu muatannya berat, saya lebih suka mendesain template blogger saya sendiri. Namun, akhir-akhir ini saya merasakan ada perbedaan dengan template bawaan Blogger. Terasa lebih enteng. Entah karena mungkin saya sudah menggunakan koneksi internet yang lebih baik atau memang karena ada pembaruan dari Google, namun saya tak menyadarinya.

Di tahun 2012, Google memaksa pengguna dasbor lama yang hanya berbasis HTML ke dasbor yang baru dan muatannya berat. Mengapa berat? Hal ini disebabkan karena di dasbor yang baru, Blogger menggunakan banyak JavaScript. Bahkan kebanyakan pembuat template Blogger lebih menyukai menggunakan dasbor yang lama. Untuk dasbor yang baru agak menyulitkan untuk mengedit template.

Semoga saja di tahun 2016 kedepan, ada hal yang baru, tepatnya fitur baru yang disediakan Google untuk pengguna Blogger. Semoga saja semakin bagus dan semakin user friendly tampilannya.

11 komentar:

  1. saya coba masuk ke dashboard ah....

    BalasHapus
  2. Di dasborku kok belum muncul logo baru gitu, John. Masih bertulisan "B" seperti biasa.

    Btw, nama "Google Blog" tuh juga keren, kok. Malah mungkin lebih keren dibanding "Blogspot". Coba bayangin kalau nama blogspot kelak berubah menjadi "iskael.google.com". :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yah? mungkin cuma beberapa saja yang udah dapet update-nya :)

      ga mungkin lah kalo google subdomainin ke *.google.com :D
      paling2 tetap *.blogspot.com, cuma akses dasbornya ke blog.google.com :)

      Hapus
  3. Kog punyaku masih blogger ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin hanya orang terpilih dit yang bisa menikmati itu :D

      Hapus
  4. hadeuh.. pantesan kemaren buka dashboard kok berasa ada yang aneh. tapi belom ngeh.. baru ngeh pas baca artikel ini: oh iya ya, logo di kiri dashboard jadi google.

    semoga google gak berniat buat ngambil kebijakan kayak multiply deh yang menutup layanan blognya *agak nethink* :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu sih ga bakal :D
      Google juga butuh penulis untuk mengisi mesin pencarinya :P

      Hapus
  5. baru ngeh, logo blogger hilaaang

    BalasHapus
  6. ini berimbas ke template nggak ya? template saya jadi crash

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia