9 Des 2015

Pengalaman Koneksi IndiHome Mendadak Sering Time Out

Kemarin adalah puncaknya koneksi internet di rumah lambat sekali. Saking lambatnya saya buka Google saja susah. Untungnya meskipun saya sudah berlangganan internet rumah, saya masih tetap berlangganan internet di ponsel. Hal ini saya lakukan karena kalau keluar rumah masih tetap bisa internetan dan tetap bisa membalas klien yang menghubungi melalui email maupun Facebook chat.

Karena internet rumah lambat, saya pun membuka Twitter di ponsel menggunakan koneksi GSM. Seperti biasanya, saya merupakan pelanggan IndiHome yang tidak pernah menghubungi 147 jika ada kendala apapun. Saya lebih suka melalui Twitter jika ingin komplain. Hal ini saya lakukan karena dengan komplain melalui Twitter, pihak Telkom akan lebih responsif karena komplain saya dilihat banyak pihak. Jika tidak segera direspon, bisa merusak nama baiknya sendiri.

Sepupu saya juga berlangganan IndiHome dan waktu itu sempat mengalami masalah. Sayangnya dia menghubungi 147. Responnya ya begitulah, diping-pong. Saya maklum karena customer service yang mengurusi 147 itu beda-beda orangnya. Jadi kadang tidak sinkron. Untuk itu saya sarankan kepada sepupu saya untuk komplain via Twitter. Dengan komplain via Twitter, kamu tidak perlu menghabiskan pulsa, dan tanggapannya lebih efektif dan terdokumentasi.

Kemarin pagi-pagi saya komplain via Twitter dan baru mendapat balasan sekitar jam 11 siang. Memang agak lama sih. Namun setidaknya balasan di Twitter itu melegakan saya.


Ternyata penyebabnya adalah karena wireless router terlalu lama saya pakai. Memang sih jika saya ingat kembali, setidaknya wireless router saya pakai lebih dari 18 jam sehari. Bisa kamu bayangkan betapa panasnya wireless router tersebut.

Setelah saya matikan hingga wireless router-nya jadi dingin, saya nyalakan lagi. Hingga saat saya menulis artikel ini, saya menikmati koneksi internet IndiHome yang normal, tidak lagi time out terus seperti sebelumnya. Jika saya ingat-ingat dari awal langganan IndiHome saya tidak pernah mengalami time out separah kemarin hari.

Mungkin di awal-awal pemakaian saya tidak seekstrem sekarang. Apalagi kadang wireless router sudah saya matikan, ternyata dihidupkan kembali oleh adik saya. Maklum adik saya baru pulang kuliah jam 10 malam. Jadi dia baru bisa mengerjakan tugasnya malam. Dan biasanya sampai jam 3 pagi. Jam 3 pagi dimatikan, seusai sholat Shubuh (sekitar jam 4 pagi) giliran saya yang menghidupkan. Jadi pantas saja jika wireless router-nya ngambek dan koneksi internet jadi sering time out.

Itulah pengalaman koneksi internet IndiHome saya yang mendadak sering time out. Jadi untuk kamu pelanggan IndiHome yang mengalami internet lemot, coba istirahatkan perangkatnya. Mungkin saja perangkat wireless-nya terlalu dieksploitasi. Semoga artikel ini menginspirasi :)

5 komentar:

  1. eh? bukannya normal kalo modem idup 24/7 ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga tahu, orangnya bilang gitu
      diturutin aja lah :D
      toh akhirnya cepet lagi, ahaha

      Hapus
  2. Saya baru pasang indihome juga mas, baru sekitar sebulan.. awalnya saya dapet router yang bermasalah, tapi saya minta tukar. Menurut saya sih router itu bukannya normalnya memang harusnya 24/7? kalo router panas bisa bikin time out, berarti router dari indihomenya dong yang kualitasnya kurang bagus.. Kalo Panas terus, mungkin ada bagusnya dipakein kipas usb di routernya Mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm... gitu yah
      ya nanti aku tes on 24/7
      kalo panas, mau ikutan minta ganti aja, haha :D

      Hapus
  3. Iya koneksi ane jg sama gan.. Timeout

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia