18 Des 2015

Asumsi Jawaban: Mengapa Domain Authority Blog Saya Makin Turun?

Mengapa Domain Authority (DA) blog saya makin turun? Itulah pertanyaan yang mungkin menghinggapi beberapa blogger yang skor DA-nya semakin turun tiap bulan. Menyedihkan memang.

Domain Authority ini sebenarnya antara penting dan tidak penting. DA ini hanyalah sebuah parameter untuk menentukan kualitas sebuah blog. Hanya parameter. Namun, meskipun hanya parameter DA ini tetap diperhitungkan. Apalagi jika kamu adalah tipikal blogger pencari paid review.

Kebanyakan penyedia paid review mensyaratkan DA blog minimal 20. Meskipun masih ada beberapa penyedia yang mensyaratkan DA minimal 10. Namun, hal itu sangat jarang terjadi. Jika melihat 6 bulan yang lalu, syarat DA untuk mendapatkan paid review adalah minimal 15. Mengapa syarat tersebut semakin naik? Entahlah, mungkin penyedia paid review ingin mendapatkan blog yang lebih berkualitas.

Baiklah, saya akan membahas jawaban mengenai mengapa DA blog semakin turun. Asumsikan kamu tidak melakukan update di blog kamu selama sebulan lebih. DA ini biasanya akan di-update skornya oleh MOZ setiap sebulan sekali. Nah, selama sebulan kamu tidak tidak melakukan blogwalking, share artikel, atau tindakan apapun yang bisa menjadi backlink ke blog kamu. Walaupun demikian masih ada kemungkinan kamu mendapatkan backlink dari orang yang sengaja "mention" URL blog kamu di artikel blog-nya. Anggap saja, kita sebut ini adalah posisi stagnan.

Dalam keadaan seperti itu, apa yang akan terjadi? DA blog kamu akan turun drastis. Ya, itu bisa dipastikan hingga 50% terjadi. Mengapa itu bisa terjadi?

Domain Authority tentu saja tidak hanya dipengaruhi oleh backlink saja, masih ada banyak penyebab lainnya. Namun, dalam kasus ini saya mengambil salah satu parameter yang mempengaruhi Domain Authority, yaitu backlink.

Normalnya, kamu tahu Google, Facebook, dan Twitter? Pasti tahu lah. Nah, Domain Authority milik situs seperti Google, Facebook, Twitter adalah 100. Anggap saja kita gunakan parameter tertingginya adalah situs-situs itu.

Bayangkan apa yang terjadi pada situs seperti Facebook setiap bulannya. Tentu saja backlink yang masuk ke situs Facebook semakin bertambah tiap bulannya. Asumsikan misalnya bulan pertama backlink yang masuk ke Facebook adalah 1.000 backlink. Ini asumsi loh yah, faktanya lebih dari itu. Bulan berikutnya bertambah 200 backlink. Jadi total backlink bulan berikutnya adalah 1.200 backlink. Dan apa yang terjadi terhadap DA Facebook bulan berikutnya? DA Facebook tetap 100. Ya, karena memang skor maksimal DA adalah 100.

Lalu, bagaimana dengan nasib blog lainnya? Nasib blog yang backlink-nya stagnan DA-nya akan semakin turun. Mengapa? Ada mekanisme rescaling, penyekalaan ulang. Misal sebelumnya blog kamu ber-DA 20 di bulan pertama dengan asumsi sesuai acuan sebelumnya, jumlah backlink sekitar 200 backlink. Maka di bulan berikutnya backlink masih tetap 200 backlink karena stagnan. Maka berapa kira-kira DA blog kamu di bulan berikutnya?

Bisa dikira-kira dengan perhitungan (200/1200 x 100 = 100/6 = 16.6) atau jika dibulatkan ke atas menjadi 17. Maka di bulan berikutnya DA blog kamu turun 3 poin menjadi 17. Itu adalah perhitungan sederhananya dengan perbandingan biasa. Namun, faktanya kemungkinan besar menggunakan perbandingkan kuadratik. Mengapa saya berasumsi seperti itu? Karena semakin mendekati ke skor 100, semakin susah dicapai dan harus dengan jumlah backlink yang berkali-kali lipat lebih banyak.

Itulah setidaknya penjelasan sederhana mengapa Domain Authority blog yang tidak di-update bisa turun drastis. Tentu saja tidak hanya backlink saja yang mempengaruhi berubahnya DA, masih ada kualitas backlink yang masuk ke blog kamu. Karena kualitas backlink dari situs ber-DA 50 tentu saja tidak sama dengan backlink dari situs yang DA-nya hanya 15. Semoga kamu bisa memahami penjelasan di atas.

7 komentar:

  1. Oh, jadi begitu ya mas. Berarti logika saya benar. Harus tambah rajin nih, update dan BWnya. :)
    Makasih sharingnya, dan salam hangat dari Bondowoso..

    BalasHapus
  2. Susahnya kadang udah blogwalking tapi gag bisa kasih backlink gara-gara komentarnya harus gunain thirdparty account macam WP

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, ya kalo kayak gitu, mau gimana lagi :D

      Hapus
  3. tapi ada blog saya yg gak pernah nyari backlink kok DA-nya bisa 21? sementara yg disiram backlink malah di 19 aja.. kok bisa ya?

    BalasHapus
  4. Banyak angjangsana (baca BW)
    Makin ramping si Alexa ~_*
    Sungguh!

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia