14 Des 2015

Akhirnya Bikin Template Blogger Lagi

Beberapa waktu yang lalu, saya memang telah membeli domain expired yang lumayan bagus kualitasnya. Waktu itu saya iseng mencari domain expired yang sudah memiliki Google Page Rank dan Domain Authority. Tentu saja hal ini memiliki tujuan.

Membangun blog dari awal bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, membeli domain expired bisa memangkas proses optimasi blog hingga berbulan-bulan, tergantung kualitas domain expired yang bisa kamu dapatkan.

Saya sendiri akhir-akhir ini juga lebih suka membeli domain expired dibandingkan membeli domain baru. Namun, menemukan domain expired yang cocok secara nama dan kualitas itu bukanlah hal mudah. Saya dua kali mengalami kerugian akibat membeli domain expired yang ternyata dulunya terkena penalti oleh Google. Satu domain sudah beres dan berhasil keluar dari penalti Google. Satunya lagi belum, saya belum sempat mengisinya dan mengajukan rekonsiderasi ke Google.

Salah satu domain expired yang saya dapatkan adalah domain isidunia.net. Domain ini lumayan keren. Pertama kali saya mendapatkan, kualitas domain ini sudah memiliki Google Page Rank 2 dan Domain Authority 15. Namun, bulan ini Domain Authority-nya turun ke angka 11.

Nah, kemarin saya menyempatkan diri untuk melakukan perombakan terhadap template Blogger yang dipakai oleh domain isidunia.net. Awalnya isidunia.net memakai template bawaan platform Blogger. Karena mata saya sepet melihat template bawaan Blogger, mau tidak mau kemarin saya membuat template untuk isidunia.net ini. Template yang saya buat ini baru versi beta, banyak sekali kekurangannya. Tapi setidaknya tidak membuat mata sepet.

Tampilan isidunia.net

Template yang saya buat sangat sederhana dan membawa nuansa clean dibalut dengan sedikit warna matahari di sore hari, oranye mendekati merah. Dari sisi muatannya, template ini tergolong ringan. Saya sudah mengeceknya di GTmetrix dan berhasil mendapatkan grade A di PageSpeed dan YSlow.

Hasil cek GTmetrix

Mengapa saya harus memperhatikan skor perfomanya di GTmetrix? Hal ini dikarenakan konon kecepatan muat suatu blog mempengaruhi ranking di pencarian Google. Selain itu sih, pengunjung akan lebih suka mengunjungi blog yang ringan dibandingkan dengan blog yang berat. Benar begitu 'kan?

Setelah saya menjabarkan itu semua, pasti kamu penasaran berapa waktu yang saya habiskan untuk membuat template di atas? Waktu yang saya habiskan sekitar 5 jam (namun tidak penuh). Waktu segitu memang normal untuk menyelesaikan template Blogger tahap beta. Masih banyak yang harus diperbaiki bug-nya. Dan bug ini biasanya baru diketahui setelah beberapa saat.

Karena waktu pembuatan template yang lama, template blog Iskael pun hingga kini belum berubah sejak pertama kali dibuat (sekitar April 2013 lalu). Apalagi kadang mengisi konten itu lebih penting dibandingkan dengan mempercantik template. Oh yah, jika kamu tertarik dengan template isidunia.net, kamu bisa meminta file template-nya ke saya lewat email.

6 komentar:

  1. kalau bikin slide show gitu di blogspot pakai apa sih? yang muncul di atas gitu. oops maaf oot dari topik

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai javascript mbak
      kapan2 aku buatin tutorialnya, kalo sempat :D

      Hapus
  2. lima jam tapi mendapatkan hasil yang oke, puas kan ya. Sekarang juga pingin temple yang kalem dan pendiam, hahaa..enggak kebanyakan printilan, tapi belum sempat pesan lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pesan di mana mbak?
      pesan ke saya aja, haha #malahpromosi

      Hapus
  3. Akhirnya bikin template blogger beneran wekeke, dulu kayake pernah bikin galeri mas, tapi kog aku gag ketemu linknya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dulu pernah bikin
      tapi ga aku perpanjang lagi dulu :D

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia