3 Nov 2015

Membiasakan Ngetik Tulisan Arab di Ponsel Android

Beberapa hari yang lalu tiba-tiba saya kepikiran mengenai mengetik tulisan Arab di Android. Mengapa harus tulisan Arab? Tulisan Arab erat kaitannya dengan sejarah negara Indonesia ini. Bahkan dulu mata uang Indonesia menggunakan tulisan Arab. Naskah-naskah pemerintahan atau naskah-naskah kuno lainnya juga menggunakan tulisan Arab. Sayangnya sejak kemerdekaan Indonesia, pendiri Indonesia lebih condong untuk menggunakan tulisan latin sebagai huruf nasional.

Jika kamu tidak percaya, kamu bisa menanyakan hal ini kepada orang-orang yang sempat hidup di zaman sebelum atau awal kemerdekaan. Saya tahu hal ini dari naskah kitab-kitab saat ngaji, terjemahannya pun menggunakan tulisan Arab dan berbahasa Jawa. Hal ini biasa disebut dengan Arab Pegon. Saat SD saya juga mempelajarinya.

Saat waktu senggang sambil menunggu ustadz-nya datang di sebuah pengajian, saya pun terlintas untuk mencari tahu bagaimana cara menulis Arab di Android. Jika di komputer, terutama MacBook, sudah ada plugin bawaannya. Tinggal kamu aktifkan, sudah bisa kamu pakai. Ternyata, pada Android pun begitu. Saya sebagai pengguna Lenovo A6000 Plus yang sudah diupgrade sistem operasinya menjadi Lollipop, menggunakan keyboard bawaan Google Keyboard.

Pasti kamu penasaran bagaimana cara mengatur keyboard tulisan Arab tanpa harus memasang aplikasi tambahan. Pertama, masuklah "Settings" lalu pilih bagian "Language & input". Setelah itu kamu pilih "Google Keyboard".


Kamu akan dibawa di halaman pengaturan bahasa. Pilihlah "Languages" untuk mengaktifkan beberapa bahasa yang akan kamu pakai pada keyboard nantinya.


Setelah itu kamu akan dibawa di halaman seperti gambar di bawah ini. Aktifkan "Arabic" untuk menambah bahasa Arab pada keyboard-mu.


Setelah bahasa Arab telah kamu aktifkan. Cobalah kembali ke "Language & input" lalu pilih "Change keyboard".


Setelah itu cobalah kamu cek dengan membuka aplikasi SMS. Kamu sudah bisa menikmati keyboard Arabic di Android kamu.


Sangat mudah bukan caranya? Karena fitur inilah akhirnya saya berlama-lama mencoba keyboard Arabic di ponsel Lenovo A6000 Plus saya. Saya bahkan iseng mengirim message istri saya melalui WhatsApp dengan menggunakan tulisan Arab. Sayangnya, di ponsel istri saya (Samsung Galaxy Young) masih belum bagus tulisan Arab yang muncul. Jika di Lenovo A6000 Plus saya tulisan Arab-nya bersambung, di Samsung Galaxy Young malah terpisah-pisah, jadinya jelek dan susah dibaca. Berikut ini adalah hasil tulisan Arab di status Facebook saya.


Bagaimana? Keren bukan? Kamu juga bisa menggunakan ini untuk membiasakan belajar bahasa Arab. Saya juga sebenarnya ingin menerapkan ini jika SMS-an dengan istri saya. Hanya saja hal itu terkendala oleh ponsel istri saya yang belum mendukung secara penuh tulisan Arab.

1 komentar:

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia