20 Okt 2015

Ngeblog Memang Tidak Boleh Serakah

Sebenarnya hukum alam berlaku di banyak bidang, bahwa menjadi manusia memang tidak boleh serakah, atau akan menanggung akibat pahit dari keserakahan tersebut. Ternyata, di dalam dunia blog juga ada istilah serakah. Bagaimana keserakahan dalam dunia blog?

Serakah dalam dunia blog adalah dengan berkeinginan mendapatkan banyak hal dalam waktu singkat. Bayangkan, di dunia ini apakah ada sesuatu yang didapatkan dengan singkat dan tidak hilang dalam waktu singkat juga? Tentu saja sesuatu yang didapatkan dengan jalan instan, maka akan cepat hilang juga. Bahkan mungkin tidak berbekas.

Jika kamu seorang blogger, kamu juga akan mengenal keserakahan dalam dunia blog berupa menyebar link yang berlebihan hingga terkesan spamming. Banyak sekali orang yang menyebar link spam, awalnya mereka berjaya, sebulan kemudian blog nya di-take down oleh Google. Namun, walaupun seperti itu masih banyak blogger yang tetap melakukan hal itu.

Pengalaman beberapa minggu yang lalu, saya membeli beberapa domain TLD yang expired. Keuntungan membeli domain yang sudah expired adalah kamu tidak perlu mengoptimasinya terlalu lama karena memang sebelumnya sudah dioptimasi oleh pemilik sebelumnya. Namun, membeli domain expired ini harus teliti, karena bisa jadi sebelumnya digunakan untuk hal-hal yang melanggar aturan Google. Dari beberapa domain expired yang saya beli, ada dua domain expired yang terkena hukuman deindex oleh Google. Jadi, meskipun sudah berpindah tangan, tetap tidak muncul di hasil pencarian. Menyedihkan bukan?

Mengapa hal ini terjadi? Itulah akibat dari keserakahan saya dalam memilih domain expired. Saat memilih domain expired saya mencari domain yang memiliki domain authority (DA) yang sangat tinggi, di atas 30. Dan memang kedua domain saya yang terkena deindex tersebut memiliki DA di atas 40. Sangat menakjubkan bukan? Namun, ternyata DA sebesar itu memiliki masalah deindex oleh Google.

Melepaskan dari cengkaraman deindex Google tidaklah mudah. Saya harus membuat entri yang cukup banyak dan meminta rekonsiderasi pada Google untuk ditinjau ulang. Dari dua domain yang saya ajukan rekonsiderasinya di Google, hanya satu yang diterima. Karena memang domain yang satunya belum saya isi apa-apa.

Seharusnya untuk membeli domain expired harus memperhatikan riwayat sebelumnya. Hal itu bisa diketahui dengan melihat backlink yang tersebar dan melihat dulunya domain itu digunakan untuk apa. Hanya saja ketika melihat DA yang terlalu tinggi hal itu sangat mencurigakan. Saran saya, pilihlah domain yang memiliki DA sekitar 20 hingga 30-an. DA sebesar itu biasanya aman. Dari dua domain lainnya yang saya beli, ber-DA 27 dan 15. Keduanya aman dari deindex Google.

Untuk itu, jika kamu adalah seorang blogger, janganlah serakah dalam menaikkan kualitas blog kamu. Menaikkan kualitas yang paling aman adalah dengan memperbaiki kualitas tulisan dan konsisten dalam membaginya di media sosial. Selain itu kamu juga bisa menyebar backlink dengan cara blogwalking, tentu saja dengan cara yang santun (tidak frontal). Semoga tulisan ini menginspirasimu :)

2 komentar:

  1. Dunia mengijinkan manusia untuk jadi serakah ketika mereka sudah menjadi seorang kapitalis.. barangkali itu juga bisa diterapkan untuk blogging.. kalau mau

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia