19 Okt 2015

Memanfaatkan Fanpage Facebook untuk Promosi Game

Di zaman ini, beberapa orang berpikir bahwa Facebook hanya sekedar tempat bermain yang tidak begitu bermanfaat. Sayangnya, pemikiran seperti itulah yang menutup dirinya dari menghasilkan manfaat dari Facebook. Facebook ibarat pisau, bisa berguna, tidak mempunyai manfaat, atau bahkan bisa mencelakai.

Di artikel ini saya tidak akan membahas mengenai penggunaan Facebook yang mencelakai karena memang tujuan saya menulis artikel ini hanya untuk berbagi pengalaman mengenai manfaat yang saya dapatkan dari menggunakan Facebook. Tepatnya, kali ini saya akan bercerita mengenai fanpage Facebook yang saya gunakan untuk mempromosikan salah satu game buatan saya di Play Store.

Sekitar sepuluh bulan yang lalu saya membuat game yang bernama "The New Tebak Gambar". Seperti kebanyakan game amatir lainnya, tentu saya jumlah pengunduhnya sangatlah sedikit. Karena memang sangat layak game amatir memiliki nasib yang seperti itu. Namun, walaupun memiliki nasib seperti itu, saya tetap berusaha untuk melakukan update soal Tebak Gambar dan mempromosikan sebisanya di blog-blog saya maupun melalui Facebook.

Setelah sepuluh bulan berlalu, game The New Tebak Gambar saya mengalami peningkatan yang menurut saya menakjubkan. Mengingat sejak Mei 2015 lalu saya terakhir melakukan update, hingga saat ini belum saya update lagi. Hingga saat ini, jumlah pemain aktif game The New Tebak Gambar saya ada sekitar empat ribu, sedangkan jumlah pengunduh totalnya sudah menyentuh angka dua puluh ribu. Apa rahasianya? Berikut ini adalah ulasannya.

Promosi via Fanpage Facebook

Karena saya memang tidak seberapa serius mengerjakan game ini, tentu saja media promosinya pun semuanya bersifat gratis. Saya hanya memanfaatkan apa yang ada dan saya bisa lakukan. Saya membuat sebuah fanpage untuk game The New Tebak Gambar milik saya. Berikut ini adalah skrinsyot perkembangan fanpage saya. Hingga saat ini ada 886 like dan akan terus bertambah sekitar 60 like bahkan kadang lebih setiap minggunya.

Perkembangan Fanpage

Saya tidak perlu mengeluarkan tenaga yang besar untuk fanpage saya ini. Saya menyetelnya agar orang mau mengunjungi fanpage ini dan melakukan like. Bagaimana itu bisa terjadi?

Di dalam game saya ada sebuah sistem yang memungkinkan untuk membatasi orang dalam menjawab soal dengan jawaban yang salah. Ada istilah energi yang dibatasi maksimal 10. Ketika energi itu habis, maka kamu tidak akan bisa memainkan game itu lagi sebelum melakukan beberapa syarat yang bisa digunakan untuk menambah energi. Salah satu syaratnya adalah dengan melakukan like fanpage Facebook. Keren, 'kan? Hehe.

Tidak hanya berhenti di sana, tujuan fanpage The New Tebak Gambar ini saya buat adalah untuk ajang tempat bertanya bagi mereka yang buntu dengan soal yang ada di game tersebut. Mungkin menurutmu hal itu sangat aneh. Saya yang bikin game itu, tapi malah memberikan tempat untuk bertanya, dan sayalah yang menjawabnya.

Namun, semua itu sangat efektif. Saya mempelajari beberapa kebiasaan orang yang aktif di Facebook dan menemukan beberapa pola. Saya mensyaratkan untuk mengunggah skrinsyot dari soal yang ada di game The New Tebak Gambar jika ingin bertanya di fanpage tersebut. Tujuannya adalah agar saya bisa dengan cepat menjawabnya, tanpa saya harus membuka game buatan saya itu. Tujuan lebih dalamnya adalah ketika orang bertanya dengan mengunggah skrinsyot soal tersebut, maka secara otomatis, teman yang ada dalam lingkaran Facebook miliknya akan melihat aktivitas ini. Secara tidak langsung menggugah rasa penasaran (kepo) mengenai game yang sedang dimainkan. Secara otomatis temannya akan bertanya "game apa itu". Jika seperti ini, maka dia telah mempromosikan game saya secara "gratis".

Hal seperti itulah yang terus berulang sehingga game saya seperti sekarang ini. Dengan jumlah pemain aktif 4 ribuan, setiap harinya dari iklan saya mendapatkan satu dollar. Lumayan lah walaupun recehan jika dikumpulkan akhirnya terasa juga. Hehe. Itulah pengalaman saya dalam mempromosikan game The New Tebak Gambar. Mungkin kamu ada pengalaman yang lebih keren, silakan bagikan di komentar.

2 komentar:

  1. wah, keren yak bisa memanfaatkan fanspage untuk promosi game, kira-kira ada tips nya ngak gan? Pengen belajar.

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia