19 Okt 2015

Cara Mendapatkan Job Review

Seperti janji saya sebelumnya, saya akan membuat sebuah artikel yang akan mengulas mengenai cara mendapatkan job review. Sebelumnya, saya sedikit curhat mengenai status saya yang menjadi blogger pengejar job review.

Job review, atau yang juga biasa disebut paid review karena memang review yang berbayar, adalah sebuah santapan empuk bagi para blogger amatir maupun profesional yang blognya memiliki kualitas seperti kriteria yang diinginkan pemberi job. Dulu saya juga penasaran dengan banyak blogger yang sering mendapatkan job review di blog mereka. Hanya saja saya malu untuk bertanya.

Mungkin banyak blogger yang sering mendapatkan job review tidak mengumbar rahasia dapur mereka karena memang bukan pelit, namun lebih ke arah tidak etis saja. Kebanyakan mereka malu. Tapi, kalau kamu mau mendekat dan mengenal mereka lebih dekat, kadang mereka akan keceplosan sendiri memberikan tawaran padamu saat mereka mendapatkan job review.

Begitu juga dengan saya, di artikel kali ini saya akan memberikan beberapa cara saya mendapatkan job review, hanya saja mungkin tidak detail sekali, karena memang ada unsur privasi dari pemberi job review yang tidak boleh diumbar. Salah satu contohnya adalah email pemberi job review. Untuk email mereka, kamu bisa menanyakan langsung pada saya melalui email.

Blog Yang Pantas Mendapat Job Review

Sebelum kamu mengharapkan mendapatkan job review, mari kita lihat dulu sebenarnya kualitas blog kamu pantas untuk mendapatkan job review atau tidak. Untuk mendapatkan job review ada beberapa syarat umum yang biasanya bisa digunakan untuk menarik perhatian pengiklan.

Pertama, pastikan blog kamu berdomain TLD. Apa itu domain TLD? TLD adalah Top Level Domain, jadi kamu benar-benar harus membeli domain sendiri, tidak numpang di Blogspot atau di WordPress. Memang ada beberapa job review yang tidak mensyaratkan berdomain TLD, kamu bisa menggunakan *.blogspot.com atau *.wordpress.com. Namun, kesempatan itu sangat kecil. Kebanyakan pengiklan mencari domain TLD.

DA blog www.iskael.com

Kedua, coba cek domain authority (DA) blog milikmu di sini. Jika DA blog kamu 20 atau lebih, SELAMAT! Kamu punya kesempatan yang lumayan besar untuk mendapatkan job review. Semakin besar DA, semakin bagus dan bisa diajukan ke pengiklan.

Jika DA kamu kecil, jangan berkecil hati. DA itu bisa ditingkatkan dengan kamu selalu meng-update blog kamu, blogwalking (menyebar link), dan membagikannya di media sosial. Namun, meningkatkan DA itu butuh waktu yang lama. Dan kamu harus bersabar dengan proses menaikkan DA.

Ketiga, jika kamu mempunyai blog dengan trafik 1000 kunjungan per hari, maka bekal itu sudah cukup. Trafik blog Iskael.com ini per hari sekitar 1500-2000 kunjungan per hari. Maka tidak aneh jika saya sering mendapatkan job review.

Bagaimana kamu bisa mendapatkan trafik sebesar itu? Jawabnya adalah tulislah artikel yang bermanfaat bagi orang lain. Mungkin kamu bisa mendapatkan banyak trafik dari artikel yang kontroversial, namun apakah itu akan bertahan lama? Jawabnya tidak. Artikel yang kontroversial hanya akan bertahan paling lama sebulan. Setelah itu tenggelam. Sangat berbeda dengan artikel yang bermanfaat bagi banyak orang, yang tetap relevan hingga bertahun-tahun.

Bagaimana cara pengiklan mengecek apakah trafik blog kamu ramai atau tidak? Jawabnya adalah dengan melihat Alexa Rank-nya. Semakin kecil, maka semakin bagus. Berikut ini adalah bocoran Alexa Rank blog Iskael ini.

Alexa Rank Iskael

Kamu juga bisa mengecek Alexa Rank blog milikmu di sini. Ganti URL Iskael.com-nya dengan URL blog kamu. Jika Alexa Rank blog kamu di bawah satu juta, itu bagus. Jika di atas itu, coba tingkatkan lagi.

Saya rasa dengan 3 syarat tersebut, kamu bisa percaya diri menawarkan blog kamu ke pengiklan. Namun, tentu saja terkadang mendapatkan penolakan karena pengiklan mempunyai kriteria lainnya, misalkan niche (tema tulisan) blog kamu yang tidak sesuai dengan keinginan pengiklan.

Cara Mendapatkan Job Review

Selanjutnya adalah mengenai cara mendapatkan job review. Ada beberapa cara untuk mendapatkan job review. Berikut ini adalah beberapa cara saya mendapatkan job review.

Pertama, saya mendapatkan job review dengan langsung bertanya pada teman blogger yang sedang mendapatkan job review. Jika kamu kenal dengan blogger yang mendapatkan job review, jangan sungkan untuk bertanya. Semoga saja temanmu memberi tahu cara untuk mendapatkannya juga. Untuk itulah sangat perlu untuk menjalin hubungan baik dengan blogger lainnya.

Kedua, saya mendapatkan job review dengan cara diemail oleh pengiklan, seperti Lazada, Zalora, dan sejenisnya. Tidak semua blogger mendapatkan pengalaman ini. Saya juga tidak tahu bagaimana pengiklan tahu email saya. Sepertinya mereka tahu dari halaman kontak yang sengaja saya buat di blog ini. Jika blog kamu memiliki kualitas yang bagus, maka sangat mungkin ada pengiklan yang langsung mengemail kamu. Untuk itu, manfaatkanlah email dengan baik karena rejeki bisa datang kapan saja.

Ketiga, saya sengaja mencari pengiklan dengan mencari kontak yang bisa dihubungi dari sebuah website. Yang pernah saya lakukan adalah mencari kontak dua perusahaan pengiklan. Ini memang butuh perjuangan dan kesabaran yang lebih. Mengapa saya bilang begitu? Karena tidak semudah itu mendapatkan balasan email dari mereka. Pengalaman bekerja sama dengan keduanya, saya butuh waktu sekitar dua bulan hingga muncul kata "deal".

Hingga saat ini, saya juga sering googling untuk mencari website yang memungkinkan untuk beriklan di blog ini. Jangan malas untuk memancing dalam pencarian Google. Agak melelahkan memang, namun hasilkan juga sepadan.

Keempat, saya mendapatkan job review berupa placement article dari beberapa broker. Mengapa saya sebut placement content? Karena saya tidak perlu memeras otak saya untuk membuat tulisan review. Artikel langsung dari pengiklan. Untuk job review semacam ini saya juga tidak tinggal diam. Kadang saya langsung mendapatkan email, kadang saya juga harus berburu di forum atau di grup Facebook para blogger.

Bayaran dari placement article ini juga relatif kecil, biasanya hanya setengah harga job review saja. Namun, tetap saja menyenangkan karena memang dibayar dengan uang. Haha.

Hingga saat ini saya masih menjalin hubungan baik dengan para broker pemberi job review berupa placement article ini. Setidaknya ada sekitar 4 orang yang sering memberikan job review.

iblogmarket

Kelima, saya mendapatkan job review berupa placement article dari website penyedia placement article. Website tersebut adalah iblogmarket.com. Pengalaman bergabung di sana, saya sudah payout sekali 200 ribu. Bulan depan saya juga bisa menarik bayaran saya 250 ribu. Bayaran dari iblogmarket ini lumayan untuk satu kali placement article, seharga 75 ribu.

Mari Berburu Job Review!

Dari ulasan yang saya tulis di atas, tentu saja setidaknya bisa membakar semangatmu untuk menyulap blog milikmu menjadi uang. Ingat, tidak hanya sekedar semangat di awal karena semangat itu bisa lenyap setelah berhari-hari ketika tak kunjung mendapatkan yang kamu mau. Selain semangat butuh kesabaran dan ilmu yang kamu dapatkan dalam meriset perkembangan blog kamu.

Terkadang kita harus mundur selangkah untuk berlari kencang. Maksudnya adalah terkadang kamu harus berhenti dari menulis sejenak untuk mengevaluasi apa yang sudah kamu lakukan. Terus belajar dari pengalaman blogger lainnya dengan mengunjungi blog-nya ataupun langsung bertanya pada mereka. Saya yakin, sesuatu yang dikerjakan sungguh-sungguh dan dengan hati, hasilnya akan manis. Tak terasa saya sudah menulis lebih dari 1000 kata dalam artikel ini. Selamat mencoba :)

24 komentar:

  1. isi untuk email yang baik bagaimana mas? maksudnya misalnya kita ingin meng-iklan-kan Lazara atau apalah, nah bagaimana isi yang baik cara mengajukan email tersebut. mohon masukannya :) kalau terlalu panjang, mas bisa kirim ke gmail saya : ariefsigli@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. email yang baik? email yang membuat pengiklan mau beriklan di blog kita
      kalo isinya sih silakan kreasikan sendiri, hehe

      Hapus
  2. di syarat utama udah gagal syaa masih numpang mas
    sama kunjungan, blog saya belum begitu ramai hehehe

    mungkin syarat lainnya itu sesuai niche blognya ya mas

    BalasHapus
  3. Makasih ya infonya... cobain ah..
    Nanti kalau saya nanya-nanya dijawab ya :)

    BalasHapus
  4. udah lama ga ngecek DA. apa nilainya masih sama ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti beda mbak
      bisa naik bisa turun
      tapi normalnya naik

      Hapus
  5. Da saya cuma 9 /100 dan PA saya hanya 15/100

    Perjalanan sepertinya masih jauh

    BalasHapus
  6. saya di iblogmarket juga dah beberapa kali dapet job, dan udah PO sekali 110rb, sengaja gak saya PO semua, buat saya sisain, enaknya lagi kalau advertiser iblogmarket cocok kemungkinan pihak advertiser akan nawarin kerja sama di luar iblogmarket, pernah saya dapet tawaran, meski kecil bagi sebagian blogger nilai feenya, hanya 50rb per artikel dan artikel saya yang buat, tapi yah lumayan sih penghasilan saya, sekali dapet job, bisa 3 mp 6 artikel, job selesai, laporan, bayaran, beberapa hari setelah bayaran tambah job lagi, sehingga kalau di total y kurang lebih 3 jutaan mas. selain di blog market, saya juga dapet dari Toped, dan juga dapet dari para makelar artikel, kalau saya total mulai dari bulan juli mp oktober ini total pendapatan blog saya kurang lebih dah 10an jt, cuma karena pembayarannya gak tentu y g terlalu mencolok pendapatan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas
      saya juga begitu
      receh tapi berkali2, kalo diitung jadi gede

      Hapus
  7. hmm domain saya masih baru euy, DA nya sama PA nya aja cuma 1.00 :(
    btw, bedanya DA sama PA apa ya, kak? yg jadi parameter lebih penting di mata klien itu DA atau PA? thanks

    BalasHapus
  8. DA saya baru 12.. haus sering2 update blog lagi ya.. trims infonya :)

    BalasHapus
  9. wah, bener2 bermanfaat tulisan ente bang, dulu saya punya banyak situs penyedia broker, tapi entah kenapa mereka ga bisa bertahan lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, itulah seleksi alam :)
      hanya perusahaan yang gede yang bisa bertahan

      Hapus
  10. DA blog saya masih 23. Yg lain, nanti sya cek. Wah.. tambh semamgat nih buat ngeblog. Salam hangat dari Bondowoso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pake blogspot.co.id pasti DA nya 23 mas
      itu ngikut induknya
      salam hangat juga dari Surabaya

      Hapus
  11. Makasih mas tips nya. Bermanfaat sekali nih.
    Semoga kedepan jadi makin rajin dapet job review juga deh saya.
    btw, ada contoh 'proposal' untuk menawarkan blog kita ke advertiser gak mas?
    kalo ada, boleh donk lihat contohnya
    :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada sih
      saya cuma email biasa aja
      intinya nawarin blog untuk iklan

      Hapus
  12. Subahanallah , satu-satunya cara memiliki pengunjung setia adalah dengan menulis artikel yang bermanfaat bagi pengunjung

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia