5 Okt 2015

Akhirnya Update ke OS X El Capitan

Beberapa bulan yang lalu ada rumor ada OS X baru yang bernama El Capitan. Kemarin tepatnya saya baru saja berhasil memasang OS X El Capitan ini setelah melalui perjuangan yang panjang. Mengapa saya sebut sebuah perjuangan yang panjang? Karena proses download El Capitan ini relatif lama dibandingkan dengan OS X sebelumnya. El Capitan ini berukuran 6.08 GB dan menghabiskan waktu unduh sekitar 10 jam lebih dengan kecepatan internet Indihome 1 Mbps. Bisa kamu bayangkan bagaimana keadaan MacBook saya harus nyala selama itu. Apalagi proses instalasinya lebih lama dari sebelumnya. Biasanya hanya memakan 1,5 jam saja. Kali ini El Capitan memakan waktu 2 jam lebih. Mungkin karena umur MacBook saya yang sudah tua, 4 tahun lebih 4 bulan.

Persiapan Instalasi

Spesifikasi Hardware untuk El Capitan

Mungkin kamu penasaran berapa minimal spesifikasi hardware yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan update OS X El Capitan ini. El Capitan ini minimal membutuhkan RAM 2 GB. Secara resmi dari website Apple menyebutkan bahwa MacBook keluaran 2008 masih bisa mendapatkan update El Capitan ini. Pasalnya, MacBook saya adalah keluaran pertengahan tahun 2010 lalu.

Selain itu, banyak pengguna forum yang menyarankan agar menggunakan RAM yang lebih dari 2 GB. Hal ini untuk menunjang performa penggunaan OS X El Capitan. MacBook saya secara bawaan menggunakan RAM 2 GB, namun telah saya upgrade hingga 4 GB. Sebenarnya ada keinginan untuk mengupgrade hingga 8 GB, hanya saja terkendala budget dan pertimbangan umur MacBook. Jika masih baru, mungkin saya akan menyediakan budget untuk itu.

Spesifikasi MacBook milik saya

Jika MacBook saya yang notabene keluaran tahun 2010 saja bisa dan lancar, apalagi MacBook Pro keluaran terbaru. Tentu saja menjalankan El Capitan akan terasa ringan dan mulus.

Sekilas Tampilan El Capitan

Bagi kamu yang belum upgrade ke OS X El Capitan, berikut adalah sekilas tampilan OS X El Capitan di MacBook saya. Di El Capitan kamu bisa mengubah tema menu bar dan dock kamu menjadi gelap (sebelumnya terang).

Sekilas tampilan El Capitan

Sebagian besar tampilannya masih sama dengan OS X Yosemite, hanya saja pada OS X El Capitan ini window Dashboard ditiadakan. Pasalnya, memang window Dashboard ini sudah tidak berguna lagi dan jarang digunakan. Window Dashboard pertama kali diperkenalkan saat menggunakan OS X Lion. Berikut ini adalah tampilan OS X El Capitan yang tanpa window Dashboard lagi, hanya ada Desktop.

Tidak ada lagi Dashboard

Fungsi Dashboard ini sebenarnya sudah diwakili oleh Notifications Center yang bisa diberi widget berupa Socials, Calculator, cuaca dan suhu, bahkan widget status baterai.

Cukup sekian tulisan saya mengenai update ke OS X El Capitan. Di postingan selanjutnya saya akan mengulas beberapa aplikasi yang bermasalah dan aplikasi yang berjalan mulus di OS X El Capitan ini.

14 komentar:

  1. Punya suamiku udah update belum ya, aku gak tau :) cuma tau update iPad aja

    BalasHapus
  2. Lebih ringan dari yosemite ta mas?

    BalasHapus
  3. Kemarin aku updatenya sampai seharian mas malahan, gara-gara koneksinya nggak mendukung.
    Tapi emang keren banget OS el capitan ini, selain enteng juga lebih simpel

    BalasHapus
  4. kalo macbook white unibody late 2009 sudah upgrade RAM 4gb bisa ngga ya istal el capitan os ini...

    BalasHapus
  5. Mau nanya dong, punya mas ini upgrade OS atau clean install ya? Saya ragu mau upgrde atau clean install, data dan apps di mbp saya udh banyak jadi sayang klo mau clean install. Kira2 berapa lama ya waktu installingnya? Spec punya mas sama kayak punya saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya upgrade
      installing tergantung koneksi internet, sekitar 10 jam-an kalo punyaku

      Hapus
    2. Oke, makasih mas bantuannya. Kalo gitu saya upgrade aja deh. Oia mbp mid 2010 kira2 bisa install win 8.1 ga ya buat bootcampnya?

      Hapus
    3. ga tahu mas
      saya sudah ga pake bootcamp lagi
      sudah ga ada kebutuhan pake Windows lagi, hehe
      tapi harusnya sih bisa
      cuma perhatikan harddisk-nya penuh apa enggak

      Hapus
  6. mas, saya mw upgrade dari 10.10 ke 10.12 itu berapa lama kira kira waktu buat selesai upgradenya ?? soalnya ini saya sudah 3 jam belum selesai loading logo applenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu gagal masuk mas
      saya pernah kayak gitu jg saat upgrade ke 10.12
      akhirnya saya downgrade lagi

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia