25 Sep 2015

Pentingnya Memoderasi Komentar Blog

Percaya atau tidak, banyak sekali spammer berkeliaran di dunia maya ini. Bahkan, kadang saya sendiri pun menjadi spammer. Hanya saja saya adalah spammer manual dengaan kedok blogwalking.

Di sisi dunia maya lainnya, ada spammer yang sudah canggih, dengan menggunakan software siap menggempur banyak blog yang sangat mudah dikomentari. Sebut saja blog WordPress yang sering kali mendapatkan spam bertubi-tubi.

Dulu saya saat membuat blog WordPress, dalam sebulan spam yang masuk bisa lebih dari 1000 komentar. Apakah komentar tersebut dikirim manual? Jelas tidak. Sangat terlihat dari isi komentarnya tidak relevan dengan artikel yang saya tulis. Komentar spam ini dikirim ke blog melalui sebuah software.

Apa tujuan mereka melakukan seperti ini? Jelas mereka melakukan hal ini untuk menebar backlink ke banyak blog WordPress. Tak hanya WordPress saja, blog dengan platform Blogger pun juga tidak aman dari para spammer. Sempat waktu itu blog ini di-spam, padahal blog ini menggunakan platform Blogger. Sempat waktu itu sebulan sampai 1000 komentar spam.

Mengapa ini terjadi di blog saya? Hal ini terjadi karena alamat blog ini sudah masuk dalam database mereka. Saat itu komentar di blog saya masih bisa menggunakan "Name and URL". Sekarang pun juga menggunakan Name and URL untuk kotak komentarnya.

Hal yang saya lakukan untuk menghindari spam ini adalah dengan menonaktifkan fitur Name and URL di komentar selama sebulan. Bulan berikutnya saya aktifkan lagi. Apakah efektif cara tersebut? Ya, sangat efektif. Setelah satu bulan saya nonaktifkan, tidak ada komentar spam lagi yang masuk. Bahkan setelah satu bulan, saya aktifkan lagi Name and URL-nya, tidak ada komentar spam lagi. Mungkin software yang mereka gunakan sering mengalami error ketika sampai pada URL blog ini. Sehingga mereka menghapus URL blog ini dari software spamming mereka.

Selain cara itu, hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memoderasi komentar. Moderasi komentar ini sangat efektif untuk sedikit mengecewakan para spammer manual dan spammer dengan bantuan robot. Tak hanya itu, kamu bisa dengan mudah menghapus komentar yang perlu dimoderasi dibandingkan jika komentar langsung ditayangkan.

Di blog ini pun saya melakukan moderasi komentar. Dan banyak blog teman saya juga melakukan hal yang sama. Cara ini sangat ampuh untuk menanggulangi para spammer, apalagi yang agak menyebalkan adalah spammer lokal yang jualan obat. Kadang mereka berkomentar relevan, namun nama yang digunakan terlalu keobat-obatan. Harusnya, saran saya --sebagai seorang spammer juga-- untuk mereka, gunakan nama yang manusiawi namun dengan link ke blog obat mereka. Setidaknya itu akan mengurangi resiko komentar kamu dihapus oleh sang pemilik blog.

2 komentar:

  1. Benar mas, komentar harus dimoderasi. Selain mengurangi spamer ,kita dapat memilah juga mana komentar yang baik dan mana komentar yang hanya ingin numpang dapat backlink,
    Kalau du blog saya, terserah orang mau isi komentar dengan open id atau name/url asal komentar itu relevan dengan artikel saya pasti saya publis komennya klo hanya "nice gan" wasalam haha...
    Sukses buat blog ini.
    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, kalo nice gan, ya jelas langsung saya hapus lah :D

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia