3 Sep 2015

Pengalaman Membuat Blog Bareng

Salah satu ciri dari berkembangnya keilmuan seorang blogger adalah dengan membuat blog bareng. Blog bareng ini adalah blog yang dibuat dan diurusi bersama-sama dengan rekan ngeblog. Membuat blog bareng ini tidaklah mudah, namun bukan berarti sulit. Tergantung dengan siapa kamu bekerja sama. Seperti hal lainnya, membuat blog bareng ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain adalah blog kamu akan sering kali update karena memang dua otak itu lebih mudah menemukan ide dan menyelesaikan masalah daripada satu otak. Apalagi jika blog tersebut dikelola lebih dari dua orang, tentu saja lebih mudah.

Selain pengerjaan yang relatif cepat, blog bareng ini juga mempunyai kesempatan terkenal lebih cepat daripada blog yang dikelola satu orang. Alasannya karena setiap orang pasti punya Facebook dan tentu saja ketika dia punya blog, dia akan membagikannya di timeline Facebook miliknya. Maka makin besar kemungkinan untuk diklik orang dan dikunjungi. Apalagi untuk blog bareng yang mempunyai niche khusus. Saya bisa pastikan dalam satu artikel yang dibagikan di timeline bisa menghasilkan hingga 1000 klik.

Namun tidak hanya kelebihannya saja, blog bareng juga mempunyai beberapa kekurangan. Kekurangan inilah yang menjadikannya tidak bertahan lama. Saya sudah dua kali membuat blog bareng bersama teman saya saat kuliah. Dan bisa kamu tebak akhirnya adalah blog tersebut berhenti. Mengapa bisa berhenti? Sebenarnya tidak bisa disalahkan juga karena memang kesibukan kami dulu sebagai mahasiswa memang kadang membuat ide menulis berkurang. Pertama kali saya membuat blog bareng tahun 2010 lalu. Awalnya blog tersebut sangat antusias kami urusi, hingga akhirnya teman saya sudah sibuk dengan robotika. Kemudian dia bilang lepas tangan karena memang sudah sangat sibuk. Blog tersebut saya kelola.

Tidak lama saya kelola, MacBook saya hilang. Kebetulan niche yang saya bahas di blog bareng tersebut mengenai dunia Mac OS. Tentu saja hal ini membuat saya galau dan tidak bisa bereksplorasi lagi. Padahal waktu itu Google Page Rank blog saya sudah 3, tapi harus berakhir dengan tragis karena tidak saya perpanjang. Maklum dulu saat kuliah, kondisi kantong saya tidak seperti sekarang. Hanya untuk membayar domain dan hosting satu blog saja saya keberatan.

Namun, itu cerita kegagalan saya yang pertama. Selanjutnya saya juga mengalami beberapa kegagalan mengelola blog bersama hingga akhirnya sekarang saya berhasil mengelola blog bersama dengan istri. Blog Iskael ini adalah salah satu projek blog bareng saya dengan istri sejak awal nikah. Jika kamu memperhatikan perkembangan blog ini dari awal, kamu akan mengetahui bagaimana blog ini awalnya rame, lalu sepi, kemudian rame lagi seperti sekarang ini.

Pelajaran yang bisa diambil adalah ketika kamu membuat blog bareng, kemudian kamu didera rasa malas dan teman kamu sudah sibuk, jangan kamu shut down blog bareng tersebut. Saranku, biarkanlah blog tersebut ada. Suatu saat kamu akan menemukan semangat kembali untuk menulis di sana. Blog yang sudah berumur lama sangat berpotensi untuk menghasilkan uang, jadikanlah blog sebagai ladang dan investasi. Meskipun mungkin awalnya hanya menghasilkan receh, suatu saat juga bisa menghasilkan kakap.

12 komentar:

  1. Keren itu, memang kadang kita mengikuti suatu lomba dibutuhkan syarat, salah satunya adalah blog min. Harus sudah berumur 6 bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, minimal emang harus 6 bulan
      job review ataupun placement content juga syaratnya minimal 6 bulan

      Hapus
  2. Blm pernah buat blog bareng sih. Lha aku sendiri aja naik turun ngeblognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, saya juga ngeblognya naik turun
      itu sih masalah klasik

      Hapus
  3. aku belum pernah buat blog bareng

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja mbak, seru kug
      apalagi kalo berkolaborasi antar emak-emak

      Hapus
  4. John, apa emang beda ya, antara blog lama dan blog baru? Maksudnya dalam hal pengaruhnya di search engine? Sering aku menjumpai penjelasan kayak gitu, tapi masih bingung, dimana perbedaannya, selain hanya lama dan baru?

    Misalnya nih, ada dua blog yang niche-nya sama. Blog yang masih baru di-update terus menerus, sementara blog lama jarang di-update. Apa iya Google tetap lebih menomorsatukan blog yang lama, meski jarang di-update?

    Sebenarnya, aku juga punya pengalaman pribadi soal ini sih. Blogku yang Belajar Sampai Mati tuh sekarang udah sangat jarang di-update. Tapi trafiknya stabil, bahkan cenderung terus meningkat, meski sangat perlahan. Beberapa kali aku coba riset kata kunci di Google, blogku terus ngalahin blog-blog lain dengan kata kunci sama, meski blog mereka kayaknya rajin di-update. Mungkin karena blogku dianggap lebih lama oleh Google.

    Meski udah ngalami sendiri, aku tetap belum paham, apa pertimbangan Google hingga lebih menyukai blog lama (meski jarang di-update) dibanding blog baru? Mungkin kamu bisa ngasih pencerahan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, blog lama lebih kuat di search engine
      di SEO umur blog emang pengaruhnya gede, ada poin tambahan untuk umur yg lebih tua
      selain itu, normalnya blog yg lebih lama itu punya backlink yg lebih banyak dari blog yang baru
      selain itu, jumlah posting suatu blog bisa mempengaruhi, semakin banyak semakin bagus
      mengapa blog baru yg sering update masih kalah dg blog lama yg jarang update lagi?
      bisa jadi karena umur, backlink, dan jumlah posting yg diindex di database nya Google
      di blog BSM mu aku yakin entrinya sudah melebihi 1000, jadi sudah jelas blog baru berumur 1 tahun seandainya update tiap hari, tentu entrinya masih sekitar 365
      secara kuantitas posting saja sudah kalah, apalagi backlink, belum lagi score tambahan dari umur blog
      namun, blog lama juga bisa kalah dg blog baru loh :D
      tapi untuk ngalahinnya perlu 1 tahun optimasi
      aku udah mempraktikkannya :)
      blog dr tahun 2009 yg dioptimasi sejak 2011 bisa kalah sama blog dr tahun 2012 yg baru dioptimasi tahun 2014

      Hapus
    2. Wah, kalau gitu, kayaknya kamu perlu nulis artikel tentang cara optimasi blog (untuk orang awam), John. :D

      Hapus
    3. wekeke, bisa-bisa
      tapi aku ga jago, takut diketawain sama yang udah master :D

      Hapus
  5. Mas, yang dimaksud nulis bareng itu satu blog nulisnya barengan tapi artikelnya beda-beda atau satu artikelnya ditulis berdua?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nulis bareng itu satu blog tapi penulisnya lebih dari satu

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia