25 Sep 2015

Ngeblog Itu Seni Berbagi

Percaya atau tidak, ngeblog itu seni berbagi. Semakin kamu banyak berbagi, semakin banyak keuntungan yang kamu dapatkan. Mungkin beberapa orang berpikiran dan fokus pada bagaimana cara meningkatkan kualitas blog miliknya. Mereka spamming ke mana-mana, hingga menutup komentar yang bisa menjadi backlink bagi orang lain.

Dengan cara seperti itu diharapkan banyak link yang masuk ke blog mereka dan sedikit link yang keluar. Namun, sayangnya cara itu justru menyakitkan diri sendiri. Sebagaimana orang pelit itu punya sedikit kemungkinan untuk menjadi kaya. Sangat berbeda dengan orang yang dermawan, mereka punya banyak kemungkinan untuk menjadi kaya. Mengapa bisa kaya? Karena ketika kamu dermawan, maka orang lain di sekitarmu akan merasakan manfaat dari kehadiranmu. Hal inilah yang menjadikan mereka merasa nyaman dan sangat mungkin tidak akan pelit denganmu.

Begitu juga dengan ngeblog. Semakin kamu menahan orang lain untuk mendapatkan backlink dari blog milikmu, maka akan semakin besar kemungkinan mereka tidak mengunjungi blog milikmu. Coba sebutkan satu alasan yang menyebabkan blogger lain mengunjungi blog-mu? Mereka ingin berbagi atau mereka hanya menghabiskan waktu senggangnya untuk membaca, itu saja.

Saya sendiri juga merasakan bagaimana efek dari berbagi itu sendiri. Saya pun sengaja membuka komentar yang bisa menjadi backlink buat kamu. Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan, saya mendapatkan banyak teman baru. Selain itu, ketika kamu mendapatkan teman sehobi, sama-sama suka ngeblog, maka sangat mungkin untuk mendapatkan uang dari ngeblog.

Mengapa saya berbagi? Sangat jelas, di dunia blog ini hampir tidak ada persaingan. Jika jualan tahu, maka ketika ada orang jualan tahu lainnya, mungkin omzet kamu akan berkurang. Namun, ketika di dunia blog, tidak begitu. Kamu tetap akan mendapatkan apa yang seharusnya kamu dapatkan meskipun kamu menginfokannya ke temanmu. Justru ketika kamu berbagi, maka kamu akan membuka peluang untuk mendapatkan job review dari temanmu. Menyenangkan bukan?

Beberapa bulan ini saya juga menerapkan itu ke beberapa teman blogger. Jika saya mendapatkan job review, saya akan memberitahukan ke blogger lainnya, minimal ke kakak ipar saya yang juga berprofesi sebagai blogger. Efeknya? Saya juga mendapatkan banyak job review dari jalur kakak ipar saya.

Hal ini semua saya lakukan karena saya juga mendapatkan job review juga bermula dari blogger lainnya. Dan ketika itu saya menjadi ketagihan mendapatkan job review, hingga akhirnya saya pun berburu job review sampai saat ini. Jika kamu ingin mendapatkan job review, yuk email-emailan dengan saya. Sharing-sharing pengalaman ngeblog untuk mendapatkan pendapatan dari blog.

3 komentar:

  1. iya aku juga suka merekomendasikan teman-teman kalau ada info job

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabari saya juga ya mbak kalo ada info job :D

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia