2 Sep 2015

Google Ganti Logo

Sebagai pengguna Google Chrome, sangat lazim saya memakai homepage browser halaman Google. Pagi ini saya dikejutkan dengan logo Google yang aneh. Awalnya saya tidak seberapa peduli, hingga selesai menulis draf artikel di blog ini saya melihatnya kembali. Ternyata logo Google benar-benar berubah.

Sekelas perusahaan Google ini memang suka membuat trobosan-trobosan baru hingga banyak orang yang tertarik mengikuti atau bahkan hanya sekedar kepo saja. Mulai dari tampilan halaman awal pencarian Google yang selalu berubah di momen-momen tertentu, yang biasa disebut dengan Doodle, hingga merubah logo sekalipun.

Jika diingat kembali lumayan lama logo Google ini tidak berubah. Waktu itu logo Google berubah hanya sebatas menggeser beberapa piksel huruf "L". Berbeda dengan kali ini, Google benar-benar merombaknya secara total, kecuali susunan warnanya. Berikut ini adalah cuplikan Doodle pergantian logo yang saya simpan dalam bentuk GIF dari Google Doodle. GIF tersebut saya rekam menggunakan aplikasi Licecap di Mac OS.

Google ganti logo

Tak hanya itu, logo Google yang baru ini disertai dengan ikon G yang terdiri dari warna merah, kuning, hijau, dan biru; khas Google. Selama ini Google sudah berganti logo selama 7 kali sejak berdiri tahun 1998 lalu. Saat pertama kali Google muncul, logo Google sangatlah sederhana dan kurang artistik. Memangnya logo Google sekarang tidak sederhana? Malah lebih sederhana, namun artistik.

Logo pertama Google dibuat oleh Sergey Brin, salah satu pendiri Google, menggunakan aplikasi gratis yang bernama GIMP. Bagi yang berkecimpung di dunia desain dan suka hal yang berbau gratis kamu pasti tahu, GIMP adalah aplikasi image editor gratis yang fungsinya hampir sama dengan Adobe Photoshop.

Pergantian logo ini ternyata juga mempengaruhi logo layanan Google lainnya. Salah satu yang terlihat berubah adalah Google+. Berikut ini adalah tampilan logo Google+ yang baru dari halaman Iskael.

Sebelum digulir

Setelah digulir

Dibalik bergantinya logo Google ini karena nuansa Alphabet (induk dari Google) yang kental. Font yang digunakan pada logo Google yang baru ini sama dengan font yang digunakan oleh Alphabet. Typeface yang digunakan adalah sans-serif, dan font tersebut diberi nama dengan Product Sans. Jika kamu teliti beberapa font yang mengandung nama Sans, kamu akan menemukan fakta ternyata mereka jenisnya sama. Misalkan Open Sans, Noto Sans, Android Sans, dan sebagainya. Semuanya terlihat mirip, namun berbeda di beberapa karakternya.

7 komentar:

  1. sekarang kaya krayon gitu ya warnanya

    BalasHapus
  2. Kayaknya saat ini yang berubah bukan hanya logo Google, John. Barusan aku sempat bingung, tiba-tiba semua blog yang semula berdomain blogspot.com sekarang berubah menjadi blogspot.co.id. Coba kamu buka blogku yang pakai domain blogspot. Secara otomatis, domain com berubah menjadi co.id. Entah ini hanya sementara, ataukah bakal selamanya.

    Yang bikin aku sempat mikir, kalau nggak salah kan pengurusan domain co.id agak ribet ya, karena harus ngasih data2 pemilik segala macam. Terus gimana dengan para pengguna domain blogspot.com yang sekarang berubah menjadi co.id?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, iya barusan aku cek blogmu, jadi .co.id :D
      kayaknya bakal selamanya deh
      iya, pake domain .co.id harus punya SIUP dll
      para penggunanya ga perlu ngurus, kan pake subdomain
      .co.id-nya yang ngurusi Google

      Hapus
    2. Tepat seperti blog saya juga. Hehee.. sekarang formal semuanya. Hahaa

      Hapus
  3. Google mengikuti trend warna dan design kekinian. Apalagi yang akan dilakukannya, ya? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kayaknya, cuma masih dirahasiakan

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia