27 Sep 2015

5 Hal Penting dalam Pemasaran Online

Siapa yang tidak mengakses internet hari ini? Hampir tidak ada. Hampir semua orang mengakses internet di Indonesia. Bagaimana strategi melakukan pemasaran online yang efektif dan efisien? Ini 5 hal yang perlu Anda perhatikan. Diperkirakan 90 juta orang mengakses internet di Indonesia. Jumlah ini tidak akan berhenti dan bahkan terus meningkat. Karena itu, setiap bisnis wajib punya pemasaran online supaya bisa mengkapitalisasi trend penggunaan internet ini. Sayang sekali jika bisnis atau perusahaan Anda tidak memiliki eksistensi di online. Apa kata dunia!

Namun membangun strategi pemasaran online tidak sama dengan offline. Ini bukan meng-copy apa yang sudah jalan di offline ke online. sama sekali bukan. Butuh strategi yang berbeda di online.

#1 Bangun Strategi Konten

Konten adalah raja. Simpelnya orang bekunjung karena konten. Kenyataan ini semakin benar, seiring dengan makin canggihnya mesin pencari dalam mengidentifikasi konten yang bagus dan yang tidak bagus. Sejumlah penelitian menunjukkan pentingnya punya konten yang bagus untuk situs Anda:
  • Publikasi 15 konten per bulan menghasilakn 5 pengunjung lebih banyak (Hubspot, 2012) 
  • 70% konsumen memilih mengenal perusahaan lewat artikel daripada iklan (Content+, 2013)

Tujuan Anda adalah membangun konten terbaik yang bisa menarik pengunjung, membuat mereka setia dan kembali lagi ke situs. Situs ini memberikan contoh bagaimana pengalaman dari para pembeli dituliskan dalam bentuk konten blog yang menarik. Prinsip dalam membangun konten terbaik adalah:
  • Pahami pengunjung atau target segmen. Apa yang mereka cari, dan demografi mereka. Berikan konten yang mereka butuhkan.
  • Fokus pada konten yang berkualitas baik. Jangan copy paste. Bukan hanya itu konten basi, tetapi copy paste membuat nilai Anda anjlok dimata mesin pencari yang bisa menyebabkan situs kena pinalti.
  • Lakukan upaya membangun konten sebagai strategi jangka panjang yang membutuhkan komitmen dan sumberdaya secara konsisten. Jangan mengharapkan hasil dalam jangka pendek.

#2 Pahami Channel Pemasaran Online

Ada banyak channel pemasaran online. Beberapa channel online yang penting adalah:
  • Blog Marketing. Anda mempromosikan melalui blogging , baik blog sendiri mapupun menggunakan blogger untuk menulis review produk serta memasang link ke situs Anda.
  • Display Advertising. Meletakkan banner di situs populer yang banyak dikunjungi.
  • Afilliate Marketing. Memanfaatkan afiliasi atau perantara untuk mempromosikan produk atau jasa anda dengan memberikan imbalan komisi.
  • Search Engine Marketing. Promosi situs dilakukan melalui mesin pencari sesuai dengan keyword yang ditargetkan.

Anda perlu mempelajarinya dan memikirikan channel mana yang paling cocok dengan kondisi Anda.
Cocok tersebut dilihat dari sisi produk, budget dan strategi. Suatu channel yang heboh buat orang lain belum tentu cocok untuk produk Anda.

#3 Gunakan Sosial Media

Jutaan orang mengakses social media. Indonesia adalah negara dengan pengguna Facebook terbesar dan twitter terbanyak. Produk Anda perlu eksis di Sosial Media. Misalnya, membuat Facebook Fanpage atau Twitter. Setelah membuat, langkah berikutnya yang tidak kalah penting adalah mem-maintain social media tersebut dengan baik. Karena jika dibiarkan, tanpa pernah diurus, hasilnya akan buruk. Blog ini adalah contoh yang membangun aktivitas di sosial media secara cukup komprehensif.

#4 Monitor dan Manfaatkan Analytic

Setiap strategi perlu dimonitor hasilnya dan dilakukan perbaikan secara terus menerus. Ini bukan hal yang unik di online. Dalam offline pun, para pebisnis melakukan ini. Namun, dalam bisnis online, monitoring dan analisa menjadi semakin penting karena hampir semua aktivitas bisa dimonitor dan itu artinya bisa dianalisa.

Tracking itu adalah salah satu keunggulan di online. Anda bisa segera melihat dampaknya secara cepat. Karena itu dalam setiap strategi, upayakan membuat tracking-nya. Hasil tracking ini yang nanti dijadikan bahan untuk mengkaji apakah suatu strategi efektif atau tidak.

#5 Desain User Experience

Salah satu hal yang sering dilupakan adalah bagaimana calon pelanggan berinteraksi dengan situs Anda. User experience adalah hal utama yang perlu dipikirkan oleh setiap pemasar online. Bagaimana pengalaman mereka membeli di situs, apakah mereka kesulitan atau tidak. Bagaimana jika mereka ingin menghubungi atau menanyakan mengenai produk yang Anda jual. Ini adalah hal – hal yang wajib diperhatikan ketika membuat pemasaran online. Pastikan ketika membuat apapun memikirkan dari kacamata pelanggan atau customer Anda.

Kesimpulan

Anda harus punya strategi pemasaran online. itu bukan pertanyaan tetapi pernyataan buat para pebisnis. Tidak ada pilihan. Terlalu sayang melepaskan besarnya potensi masyarakat yang mengakses internet. Tapi ingat, strategi pemasaran online memiliki rule of the game sendiri. Rule yang berbeda dari offline. Kelima tips diatas semoga bisa menjadi langkah sangat awal buat Anda menemukan strategi tersebut.

2 komentar:

  1. bearti situsnya harus di uji coba ya jadi pelanggan gak kesulitan. Dri tahun 2000 aku gak pernah putus koneksi nih sehari pun :-D

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia