13 Agt 2015

Redmi 2 Prime, Saingan Lenovo A6000 Plus

Bagi penggemar ponsel Android Xiaomi, Redmi 2 Prime menjadi angin segar. Redmi 2 Prime merupakan versi upgrade dari Redmi 2. Bisa saya bilang Redmi 2 Prime ini adalah saingan untuk Lenovo A6000 Plus.

Sepertinya Xiaomi menyadari bahwa pasar banyak yang tertarik dengan kehadiran Lenovo A6000 Plus yang dengan harga terjangkau dengan spesifikasi mengagumkan mendekati Lenovo A7000.

Mengapa saya bilang Redmi 2 merupakan saingan untuk Lenovo A6000 Plus? Mari kita bandingkan spesifikasinya.

Dilihat dari sisi network-nya, Redmi 2 Prime sudah mendukung 4G, sama dengan Lenovo A6000 Plus. Buat kamu yang tinggal di kota besar, kamu sudah bisa merasakan sensasinya memakai teknologi 4G. Meskipun tidak semua provider menyediakan 4G ini.

Dari sisi ukuran, ponsel Redmi 2 Prime ini berukuran 4.7 inci, lebih kecil dari Lenovo A6000 Plus yang berukuran 5 inci. Pengalaman saya memakai A6000 Plus, 5 inci kadang agak mengganggu jika dimasukin ke dalam saku samping celana. Namun, jika digunakan untuk browsing dan main game, 5 inci sangat terasa memuaskan. Untuk kamu yang suka bepergian, Redmi 2 Prime ini lebih pas masuk di saku celana.

Walaupun Redmi 2 Prime berukuran lebih kecil, namun resolusi layarnya sama dengan Lenovo A6000 Plus. Keduanya memiliki resolusi layar 720x1280 piksel. Dengan resolusi layar segitu, kamu akan merasakan tajamnya gambar yang ditampilkan. Pengalaman memakai ponsel Lenovo A6000 Plus yang 5 inci saja saya merasa gambarnya tajam, apalagi jika dengan ukuran 4.7 inci dengan resolusi yang sama. Bisa kamu bayangkan sendiri.

Redmi 2 Prime ini masih menggunakan sistem operasi Android v4.4.4 (Kitkat), sama dengan Lenovo A6000 Plus. Meskipun sama sistem operasinya, Redmi 2 Prime digadang-gadang memiliki UI yang lebih bagus dari Lenovo A6000 Plus yaitu MIUI. Walaupun rumornya begitu, Lenovo A6000 Plus juga tak kalah bagusnya dengan UI yang dibawanya, yaitu Vibe UI. Berikut ini adalah video sekilas mengenai MIUI 6.


Kamu bisa membandingkannya dengan Vibe UI bawaan Lenovo di bawah ini.


Semua tergantung selera penggunanya. Sebenarnya untuk UI, jika kamu bosan dengan UI bawaan, kamu masih bisa mengubahnya dengan UI yang bisa kamu unduh di Play Store.

Selanjutnya adalah dari sisi prosesor. Keduanya sama-sama menggunakan prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53. Dari sini saja sudah terlihat Xiaomi memang hendak menjadi saingan Lenovo dalam segmen pasar menengah.

Dari segi kemera keduanya sama-sama memiliki kamera belakang 8MP dan kamera depan 2MP. Pengalaman membandingkan antara hasil jepretan kamera 8MP milik Lenovo A6000 Plus dengan Samsung Galaxy Ace yang cuma 5MP, saya menemukan keanehan. Hasil jepretan Samsung Galaxy Ace lebih bagus dan tajam, padahal cuma 5MP. Mungkin dalam segi kamera Xiaomi bakal lebih unggul kualitasnya daripada Lenovo.

Dan yang paling ditunggu-tunggu oleh kamu tentunya adalah RAM dan memory internalnya. Saya juga dalam memilih ponsel Android, pertimbangan pertama saya adalah RAM dan memory internal. Mengapa demikian? Karena besarnya RAM mempengaruhi kinerja ponsel Android, apalagi untuk kamu yang suka main game. Memory internal juga menjadi perhitungan karena kebanyakan aplikasi Android sekarang ukurannya besar.

Bahkan saya sempat stres ketika Samsung Galaxy Young saya selalu out of memory ketika hendak memasang aplikasi dari Play Store. Dari pengalaman menyakitkan itulah saya akhirnya mencari ponsel yang memiliki RAM dan memory internal yang besar. Redmi 2 Prime ini sama dengan Lenovo A6000 Plus, sama-sama memiliki RAM 2GB dan memory internal 16GB. Sangat memuaskan untuk saat ini.

Dari segi baterai, Redmi 2 Prime masih kalah dengan Lenovo A6000 Plus. Redmi 2 Prime memiliki baterai dengan kapasitas 2200 mAh, sedangkan Lenovo A6000 Plus memiliki kapasitas baterai 2300 mAh. Pengalaman menggunakan Lenovo A6000 Plus dengan pemakaian wajar, seperti mengecek email, telepon, browsing, dan main game sekitar 2 jam sehari, baterai Lenovo A6000 Plus ini tahan lebih dari sehari. Untuk tipikal orang seperti saya kadang 2 hari sekali mengisi baterai. Bisa kamu bayangkan sendiri bagaimana ketahanan baterai Redmi 2 Prime.

Dari ulasan di atas, tentunya kamu pasti tertarik untuk membeli ponsel Redmi 2 Prime ini kan? Hanya saja Redmi 2 Prime ini belum hadir di Indonesia. Redmi 2 Prime ini akan dirilis di India pertengahan Agustus 2015 dengan harga sekitar 1,5 juta rupiah. Mungkin saja akan masuk ke Indonesia sekitar akhir tahun ini. Buat kamu yang tertarik membelinya, menabunglah dari sekarang :)

2 komentar:

  1. wah kirain udah masuk ke Indonesia ya, btw kalau Redmi di Indonesia udah punyalayanan perbaikan belum ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum mbak kalo di Indonesia
      kayaknya belum ada juga service center-nya

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia