7 Agt 2015

Cara Mudah Transfer File via WiFi antara Android dan Mac

Beberapa hari yang lalu saya mencoba mentransfer file dari MacBook ke Lenovo A6000 Plus dengan bluetooth. Awalnya sih bisa, namun lama-kelamaan selalu gagal transfer. Saya juga tidak tahu penyebabnya.

Sudah saya restart MacBook beserta ponsel Android-nya, saya ulang transfer file via bluetooth, berhasil. Namun, untuk kedua kalinya gagal lagi. Dugaan sementara adalah ada masalah dengan bluetooth ponsel Lenovo A6000 Plus milik saya ini.

Saya sudah mencoba mengetes bluetooth MacBook saya dengan mentransfer file ke ponsel Samsung Galaxy Ace. Hasilnya ditransfer beberapa kali selalu berhasil. Itulah yang menguatkan dugaan saya bahwa ada masalah dengan bluetooth Lenovo A6000 Plus milik saya. Saya sih maklum dengan hal itu, mengingat harga Lenovo A6000 Plus memang murah dibandingkan dengan ponsel Android di kelasnya.

Untuk itulah saya akhirnya mencari solusi untuk masalah saya ini. Mengingat saya akan sering mentransfer file dari MacBook saya ke Lenovo A6000 Plus untuk keperluan testing aplikasi Android bikinan saya. Solusi yang saya temukan adalah mentransfer file melalui WiFi. Kondisinya adalah MacBook dan ponsel Lenovo A6000 Plus terhubung dalam satu jaringan WiFi. Saya menggunakan Filedrop.

Filedrop, Aplikasi Transfer File via WiFi

Filedrop ini adalah aplikasi yang sangat berguna. Dengan Filedrop kamu bisa mentransfer file melalui berbagai macam perangkat via WiFi; komputer dengan komputer, ponsel Android dengan ponsel Android, atau komputer dengan ponsel Android. Berikut ini adalah tampilan saat ponsel Lenovo saya terhubung dengan MacBook.

Filedrop di MacBook

Cara transfer file-nya sangat mudah. Kamu drag dan drop saja file yang ingin kamu transfer ke area Filedrop. Dengan syarat di ponsel Android kamu juga sedang membuka aplikasi Filedrop. Maka seketika itu, pada ponsel kamu akan muncul notifikasi konfirmasi penerimaan file.

Konfirmasi Kiriman

Kamu pilih "Accept" untuk menerima file tersebut. Sangat mudah dan cepat. Mengapa lebih cepat? Karena kecepatan transfer melalui WiFi jauh lebih cepat dibandingkan dengan transfer via bluetooth. Sangat cocok buat kamu yang ingin mentransfer file dengan ukuran besar.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengirim file dari ponsel Android kamu ke komputer. Caranya hampir sama. Jika transfer file dari ponsel Android, kamu sentuh dan tahan layar ponsel pada bagian gambar komputer. Lalu akan muncul gambar kotak seperti di bawah.

Kirim File

Pilih ikon kotak yang ada di sebelah kanan untuk memilih file yang akan ditransfer ke komputer kamu. Kemudian akan muncul notifikasi konfirmasi di komputer kamu, seperti gambar di bawah ini.

Konfrimasi Pengiriman

Pilih "Accept" untuk menerima file. Sangat mudah bukan? Selain itu, kamu bisa mencoba banyak fitur yang ada di Filedrop ini. Ada fitur mirror presentation juga loh. Penasaran? Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia