10 Jul 2015

Tips Persiapan Kuliah di Amerika

Memperoleh kesempatan untuk berkuliah di Amerika Serikat merupakan hal yang tidak boleh disia-siakan begitu saja. Pasalnya, ada banyak orang yang berharap untuk dapat memperoleh kesempatan yang sama guna menjalani pendidikan di jenjang perguruan tinggi di sana. Menempuh pendidikan di Amerika merupakan keinginan banyak orang karena Amerika menyediakan fasilitas pendidikan dan memiliki berbagai pilihan universitas terbaik kelas dunia yang menerapkan sistem pembelajaran bertaraf internasional. Kualitas pendidikan yang sangat tinggi di sana membuat siapa saja tertarik dan berminat untuk mencari kesempatan berkuliah di Amerika, termasuk para pelajar yang berasal dari Indonesia.

Selain karena memiliki mutu pendidikan yang berkualitas tinggi, Amerika menjadi Negara pilihan sebagian kalangan pelajar Indonesia untuk menempuh studi karena Amerika merupakan Negara yang maju dan terdepan dalam urusan teknologi, gaya hidup, politik, sosial dan lain sebagainya sehingga menempuh pendidikan di Negeri Paman Sam dapat menghasilkan berbagai pengalaman yang tidak akan terlupakan. Namun untuk merencanakan persiapan kuliah di Negara Adikuasa tersebut, ada beberapa tips yang harus anda perhatikan. Beberapa tips persiapan kuliah yang harus diperhatikan antara lain:

1. Kematangan fisik dan mental

Mempersiapkan fisik dan mental merupakan modal penting yang harus anda perhatikan ketika akan berkuliah di luar negeri, termasuk di Amerika Serikat. Pasalnya, suasana, lingkungan hidup, kebiasaan, adat budaya, cuaca, iklim dan berbagai faktor lain di Amerika sangat berbeda dari Indonesia sehingga persiapan fisik dan mental yang anda miliki harus diperhatikan dengan sangat matang. Selain itu, anda juga harus siap dengan perubahan gaya hidup dan mengenali adat kebiasaan di sana supaya hidup yang anda jalani dapat berlangsung dengan baik sesuai harapan.

2. Memilih jurusan dan universitas yang tepat

Menggali dan mengenali bakat atau minat yang anda miliki terhadap suatu bidang harus dilakukan sebelum memutuskan dan memilih jurusan yang akan anda ambil di suatu universitas yang ada di Amerika. Hal ini berhubungan dengan masa depan dan cita-cita yang anda impikan. Jangan sampai anda salah memilih jurusan atau masuk ke universitas yang kurang cocok dengan minat dan bakat yang anda miliki sekarang.


3. Memperhitungkan biaya pendidikan

Memperhitungkan dan mempersiapkan biaya pendidikan untuk berkuliah di Amerika sangatlah penting dan harus dilakukan sejak awal dengan penuh pertimbangan. Apabila biaya yang harus anda keluarkan terlalu besar dan tidak terjangkau dengan kemampuan ekonomi anda, maka cobalah untuk mencari kesempatan beasiswa agar biaya kuliah terasa lebih ringan. Beasiswa dapat anda peroleh dari universitas, instansi bahkan pemerintah dan jumlahnya sangat banyak sehingga kesempatan anda untuk berkuliah dengan biaya yang minim akan semakin terbuka lebar.

4. Persiapkan kebutuhan hidup di Amerika

Kebutuhan akomodasi, transportasi, makan dan kebutuhan hidup lainnya merupakan hal penting yang harus dipersiapkan ketika anda akan menjalani pendidikan di luar negeri, tak terkecuali di Amerika. Anda perlu memperhitungkan dan memperkirakan berapa kebutuhan biaya hidup yang harus anda siapkan agar semua kebutuhan hidup dan kuliah di sana dapat terpenuhi dengan maksimal.

Itulah beberapa tips persiapan yang harus anda perhatikan ketika akan menempuh kuliah di Negeri Paman Sam. Apabila semua dipersiapkan dengan baik dan dilakukan secara matang, otomatis sistem pendidikan di Amerika bukanlah hal yang sulit anda tempuh sesuai rencana dengan lancar sampai saatnya kelulusan tiba. Impian anda untuk kuliah di Amerika bukanlah hal yang mustahil direalisasikan karena persiapan telah dilakukan dengan penuh perhitungan.

2 komentar:

  1. jadi mau kuliah lag nih selesai lulus? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengennya sih mbak
      tapi lihat saja nanti, hehe
      kayaknya kerja dulu sambil ngumpulin dana dulu

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia