12 Jul 2015

Tip Lebaran Sambil Ngeblog

Kata siapa lebaran tidak bisa ngeblog. Jika kamu seorang blogger, tentu saja setiap momen bisa menjadi sebuah ide untuk dijadikan tulisan di blog kamu. Lebaran adalah momen yang bisa kamu abadikan dan mungkin bisa menjadi beberapa bagian dalam artikel. Kamu bisa mengulaskan hingga menjadi 4 bagian.

Memang bisa menjadi 4 bagian? Ya bisa. Kamu bisa menulis tentang, pertama makanan, kedua tempat, ketiga tentang keluarga, keempat tentang pengalaman di jalan. Biasanya ketika lebaran, pasti kamu akan mengalami pengalaman baru di jalanan. Macet atau kejadian lain di jalan bisa menjadi inspirasi buatmu untuk menulis.

Berikut ini adalah empat tip lebaran sambil ngeblog versi Iskael.

Foto Makanan atau Tempat

Saya rasa ini adalah poin yang gampang dilakukan oleh banyak orang. Mengingat banyak sekali fenomena foto dulu baru makan. Makanan memang sangat digemari untuk dijadikan objek untuk difoto. Bahkan yang bukan blogger pun juga sering memfoto makanan untuk diunggah di media sosial atau hanya sekedar untuk mengisi koleksi di galeri ponsel.

Pengalaman makan ditraktir rekan kerja, hampir acap kali sebelum makan, dia selalu memfoto makanan dan minuman terlebih dahulu. Kalau saya sih kurang begitu suka foto-foto makanan. Hal ini mungkin karena ponsel saya kameranya resolusi cuma 2MP. Jadi kalaupun memfoto, hasilnya tidak bagus, hehe.

Selain makanan, tempat adalah objek yang sering difoto. Misal lagi jalan-jalan ke mana, pasti dicari landmark tempat tersebut lalu foto. Hal ini sudah sangat lazim. Lantas bagaimana cara untuk lebaran sambil ngeblog dengan modal foto? Biasanya saya unggah dulu fotonya lalu kasih judul dan publikasikan. Tulisan penjelasannya bagaimana? Menyusul. Yang penting publikasikan dulu. Biasanya akan tetap ada pengunjung yang komentar. Apalagi dalam entri tersebut kamu tulis "penjelasan menyusul". Justru entri seperti inilah yang membuat pengunjung semakin penasaran. Saya pernah menulis entri yang isinya cuma "hoam". Yang menakjubkan komentarnya lebih panjang dari isinya. Ironi memang.

Siapkan Aplikasi Ngeblog untuk Smartphone

Saya sadar bahwa beberapa orang tidak mungkin bisa membawa laptop saat mudik lebaran. Tapi tidak untuk ponsel, 'kan? Saya yakin 99% orang Indonesia saat ini tidak bisa lepas dari menggenggam ponsel. Jika kamu seorang blogger, pasanglah aplikasi ngeblog di ponsel kamu. Kamu bisa mengunduhnya di Play Store atau App Store. Jika kamu pengguna Blogger, aplikasinya sudah tersedia. Jika kamu pengguna WordPress, aplikasi ngeblog untuk ponsel malah lebih nyaman dibandingkan aplikasi ponsel Blogger.

Beberapa kali saya juga menggunakan aplikasi ngeblog lewat ponsel saat perjalanan. Karena kadang ide itu datang kapan saja. Sebelum ide saya menyublim, setidaknya sudah saya ikat dulu dalam tulisan. Apalagi sekarang rata-rata ponsel yang dimiliki adalah smartphone. Internet adalah hal yang wajib untuk smartphone. Jika kamu menggunakan smartphone namun tidak berlangganan internet, maka smartphone milikmu serasa ponsel jadul yang hanya bisa buat telepon dan SMS.

Tulis Ide di Catatan

Jika benar-benar mentok tidak ada koneksi internet, saya yakin di ponsel jadul mana pun pasti punya aplikasi Catatan. Tulis ide kamu di Catatan tersebut. Biasanya saya menuliskan garis besar dan poin-poin yang harus masuk dalam tulisan. Jika sampai di rumah, tulislah secara lengkap. Dulu sih pernah sampai mencari warnet untuk bisa nulis saat mudik di Madura. Tapi karena tidak ada yang mengantar, akhirnya rencana gagal. Maklum saat itu mudik di Madura yang masuk ke dalam. Ke jalan raya pun butuh waktu 30 menit kalau jalan kaki.

Gunakan Fitur Draf atau Skejul

Untuk kamu yang perfeksionis dalam menulis, kamu bisa menggunakan fitur draf sebelum artikel kamu benar-benar dipublikasikan. Atau jika kamu tidak ingin terkesan kejar setoran, kamu bisa menggunakan fitur skejul. Jadi kesannya tiap hari kamu update ngeblog, padahal menulisnya hanya di satu waktu.

Setidaknya itulah empat tip lebaran sambil ngeblog. Jangan lupa untuk bersilaturahmi yah. Jangan sampai mudik malah sibuk ngeblog sampai lupa bercengkrama dengan keluarga. Selamat lebaran :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia