10 Jul 2015

Lenovo A7000, Murah dengan Fitur Melimpah

Setelah berburu beberapa ponsel pintar dengan harga di bawah 2 juta dan spesifikasi yang bagus, saya jatuh hati dengan ponsel Lenovo A7000. Sebelumnya saya jatuh hati pada Xiao Mi Redmi 1S tahun lalu. Cuma karena tahun lalu belum ada budget untuk beli ponsel baru, saya mengurungkan diri.

Tahun ini, semoga saja budget yang saya siapkan untuk beli ponsel baru tidak terpakai untuk kebutuhan lainnya. Beberapa ponsel yang menjadi lirikan saya adalah ASUS Zenfone 5, Xiami Note 4G, Lenovo A6000, dan terakhir adalah Lenovo A7000. Semua ponsel yang saya sebutkan tadi harganya sekarang sudah di bawah 2 juta.

Sebenarnya spesifikasi yang saya butuhkan adalah RAM minimal adalah 1GB. Mengapa harus RAM 1GB? Karena memang saya gunakan ponsel tersebut untuk main game sembari digunakan untuk alat komunikasi. Rencana ke depan saya mau bikin blog yang membahas game-game Android. Jadi jika RAM di bawah 1GB, saya rasa percuma karena tidak bisa mencoba game yang bagus.

Review Lenovo A7000

Berbekal pengalaman kakak ipar yang juga pake ponsel Lenovo, kualitas ponsel ini cukup bagus. Memang sih tidak sebagus merk Samsung. Hanya saja, untuk mendapatkan spesifikasi seperti Lenovo A7000 di merk Samsung tentunya tidak akan didapat dengan budget 2 juta. Saya sempat mencari merk Samsung yang di bawah 2 juta, spesifikasinya kurang memuaskan. Rata-rata masih menggunakan RAM 512MB. Dengan RAM 512MB tersebut untuk memainkan game DomiNations pasti lemotnya ga karuan. Pengalaman memainkan game DomiNations dengan RAM 1GB saja sudah kerasa banget lemotnya.

Lenovo A7000 ini memiliki RAM 2GB. Jika dibandingkan dengan Lenovo A6000 yang memiliki RAM cuma 1GB hanya selisih 400 ribu. Agak maju mundur memilih antara Lenovo A6000 atau Lenovo A7000. Saya sih masih cenderung dengan Lenovo A7000 dan berharap bulan depan harganya sudah turun.

Selain masalah RAM, Lenovo A7000 memiliki CPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53, sedangkan Lenovo A6000 memiliki CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53. Sudah jelas kemampuan CPU dimenangkan oleh Lenovo A7000.

Dari segi layar, ponsel Lenovo A7000 memiliki layar 5.5 inci, sedangkan Lenovo A6000 hanya 5 inci. Memang jika dilihat Lenovo A7000 merupakan versi upgrade spesifikasi dari Lenovo A6000. Saya sebenarnya tidak mempersalahkan masalah layar ponsel karena 5 inci saja sudah cukup. Namun, karena memang trend-nya sekarang adalah layar yang lebih besar. Hal ini dikuatkan dengan ikutnya Apple juga mengeluarkan ponsel dengan layar besar, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Memang saya akui memainkan game di layar yang lebih besar itu lebih menyenangkan. Meskipun di lain sisi saya juga kebingungan untuk memasukkan ponsel ke dalam saku jika ukuran ponsel terlalu besar. Jika dilihat dari ukurannya, saya juga tidak yakin 5.5 inci ini bisa masuk di saku celana saya. Berikut ini adalah salah satu penampakan Lenovo A7000 yang berwarna kuning.


Sempat saya goyah antara memilih produk Xiao Mi ataukah Lenovo. Namun, istri saya lebih menyarankan untuk membeli Lenovo saja, karena kesan yang diberikan ponsel Xiao Mi agak kurang memuaskan jika dilihat pada bahan yang dipakai. Memang sih jika melihat pada perangkat lunak yang dipakai, MIUI 6, lumayan menggoda. Apalagi di Surabaya juga ada komunitas pengguna Xiao Mi.

Namun, semenggodanya Xiao Mi, Lenovo A7000 ini berhasil meyakinkan saya dengan kameranya. Kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP. Dengan budget di bawah 2 juta sudah bisa mendapatkan spesifikasi seperti itu, rasanya tidak sia-sia mengeluarkan uang untuk membelinya.

Itu sih sekedar pendapat pribadi berdasarkan proses mencari ponsel harga di bawah 2 juta. Jika kamu punya pandangan lainnya atau saran lainnya, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar. Saran kamu sangatlah berharga bagi saya, karena memang saya baru akan membelinya bulan depan, insyaAlloh. Jadi sebelum membeli mungkin saja saya kepincut dengan ponsel yang kamu sarankan.

5 komentar:

  1. Masih menunggu harga turun ya pak?
    Di bawah 2jt itu tepatnya berapa harga Lenovo A7000?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin aku cek sih masih 1,9 juta
      nunggu 1,7 atau lebih rendah dari itulah, haha :D

      Hapus
  2. layarnya sudah gorilla glass belum?

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia